Minggu, 24 Februari 2019

Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Saat Menstruasi

Hindari kalau tidak ingin makin kram.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | Yasinta Rahmawati
Ilustrasi nyeri haid. (Unsplash/Rawpixel)
Ilustrasi nyeri haid. (Unsplash/Rawpixel)

Dewiku.com - Saat menstruasi, biasanya nafsu makan tidak terkendali. Apakah kamu salah satu yang mengalaminya?

Meski begitu, bukan berarti keinginan craving harus selalu dipenuhi ya, sebab ada makanan dan minuman yang memiliki efek buruk untuk tubuh ketika sedang menstruasi.

Sebaiknya jangan dikonsumsi berlebihan, sebab lima makanan dan minuman ini perlu kamu hindari ketika menstruasi.

1. Alkohol
Meski katanya alkohol bisa membuat kram haid reda atau menghilang, tapi ternyata minuman yang satu ini bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur dan meningkatkan kadar estrogen yang bisa memperparah gejala PMS.

2. Kafein
Kafein bisa membuat tekanan darah dan detak jantung meningkat. Jika masih nekat minum minuman berkafein, PMS bisa lebih parah. Tubuhmu juga cepat lelah dan tegang. Bukan hanya kopi dan teh saja lho yang mengandung kafein, tapi juga minuman bersoda.

Ilustrasi kopi. (Unsplash/Nathan Dumlao)
Ilustrasi kopi. (Unsplash/Nathan Dumlao)

 

3. Junk food dan makanan beku
Makanan olahan seperti sup kaleng, pizza beku, maupun makanan beku seperti sosis dan nugget memang enak dan mudah dimasak. Namun, makanan ini mengandung pengawet yang dapat mengganggu hormonmu serta membuat rasa tidak nyaman selama PMS. Hal itu juga berlaku pada junk food.

4. Olahan susu
Produk olahan susu memiliki kandungan asam arakidonat yang tinggi yang dapat menyebabkan kram menstruasi. Untuk itu sebaiknya jangan konsumsi dulu susu, krim, keju dan sejenisnya.

Air susu. (Pixabay/Couleur)
Air susu. (Pixabay/Couleur)

 

5. Gorengan
Meskipun rasanya enak, tapi makanan yang digoreng kebanyakan mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan kadar estrogen. Jika kebanyakan makan gorengan kamu akan lebih sering mengalami mood swing saat menstruasi.

Terkait

Terkini