Jum'at, 30 Oktober 2020

Biar Kapok, Cewek Ini Punya Cara Brilian Membalas Catcalling

Catcalling termasuk bentuk pelecehan.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi marah. (Unsplash/Elijah O'Donnell)
Ilustrasi marah. (Unsplash/Elijah O'Donnell)

Dewiku.com - Catcalling tengah ramai diperbincangkan setelah insiden tidak menyenangkan yang dialami oleh Miss International 2017, Kevin Liliana belum lama ini. 

Catcalling termasuk bentuk pelecehan di jalan atau street harassment. Si pelaku yang umumnya laki-laki menganggap itu adalah bercanda dan menghibur, sedangkan para perempuan yang mengalaminya jelas tidak menganggapnya lucu atau bahkan merasa ketakutan.

Kevin Liliana, Miss International 2017 pun merasa tersinggung karena ada orang yang catcalling kepada dirinya. Sangat terpukul karena bahkan tidak ada yang membelanya saat itu, dia mengaku sampai gemetaran.

Nah, ada salah satu tips untuk menghukum para lelaki iseng tersebut. Gunakan media sosial secara maksimal. Hanya saja, dibutuhkan keberanian lebih untuk melakukan ini.

Kevin Liliana jadi sasaran cat calling. (Instagram/@kevinlln)
Kevin Liliana jadi sasaran cat calling. (Instagram/@kevinlln)

 

Dilansir dari Independent, seorang perempuan asal Belanda, Noa Jansma, memutuskan untuk melakukan sesuatu terhadap mereka yang melakukan catcalling padanya. Dia ingin memberikan pelajaran, tapi dengan cara berbeda.

Perempuan berusia 20 tahun itu menemukan cara brilian untuk menghadapi catcallers. Dia mengunggah foto mereka di Instagram, sekaligus memberikan sindiran pedas.

Dia melakukan swafoto bersama setiap pelaku catcalling yang ditemuinya. Uniknya, mimik wajah Noa Jansma selalu sama. Dia pasti menampakkan ekspresi dingin, kontras dengan para lelaki penggoda yang terlihat ceria.

Pelecehan atau cat calling yang dialami [ig @dearcatcallers]
Foto bersama catcallers. (Instagram/@dearcatcallers)

 

Hal tersebut tidak dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Noa Jansma terang-terangan meminta si catcallers berswafoto dengannya. Ternyata, mereka mau melakukannya. Sayangnya, sepertinya mereka sama sekali tidak menyadari situasi itu, yakni bakal auto dihujat netizen.

Kamu bisa melihat hasil fotonya di akun @dearcatcallers. Banyak netizen yang meninggalkan komentar tentang betapa sebalnya mereka dengan pelaku catcalling.

''Pria sejati tidak akan menakuti perempuan,'' komentar seorang netizen.

''Catcalling bukanlah cara memuji,'' tulis yang lain.

Hanya dalam waktu satu bulan, Noa Jansma mengunggah 30 buah foto, dan berhasil mendapatkan 45.000 pengikut. Jumlah pengikutnya di Instagram kini bahkan sudah lebih dari 290 ribu. (Ade Indra Kusuma)

Terkait

Terkini