Kamis, 21 Januari 2021

Punya Daya Ingat Buruk ? Begini Cara Mengatasinya Agar Tidak Mudah Lupa

Ada cara yang lebih efektif ketimbang mencatat.

Rauhanda Riyantama | Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Begini cara bikin ingatan kembali tajam
Begini cara bikin ingatan kembali tajam

Dewiku.com - Kebanyakan orang yang merasa punya daya ingat buruk memilih mencatat segala hal agar tidak mudah lupa. Tapi sebuah penelitian yang diterbitkan baru-baru ini di jurnal Experimental Aging Research mengatakan ada cara yang lebih efektif untuk menjaga daya ingat, yakni dengan menggambar.

Sebab menggambar akan memaksa otak bekerja lebih dengan memproses informasi visual sekaligus menerjemahkan makna kata menjadi gambar.

"Kami pikir pendekatan beragam aspek ini menggunakan teknik menggambar menguntungkan memori dan otak," ujar Melissa Meade, seorang kandidat doktoral ilmu sraf kognitif di University of Waterloo Kanada pada Time.

Ia kemudian menjelaskan bahawa pendekatan ini baik untuk orang dewasa dan lebih tua.

Hal itu dikarenakan banyak perubahan terjadi pada bagian otak yang terlibat dalam fungsi memori dan pemrosesan bahasa. Tapi di sisi lain, tidak banyak perubahan di bagian otak yang terlibat pada pemrosesan sensorik informasi visual.

Berpikir keras untuk mengingat hal yang dilupakan. (Pexels)
Berpikir keras untuk mengingat hal yang terlupakan. (Pexels)

 

Jadi, menggambar dapat mengambil keuntungan dari "daerah otak yang relatif terawat baik" dan meningkatkan memori.

Meade dan pembimbingnya, profesor psikologi University of Waterloo Myra Fernandes, mengkonfirmasi hasil ini dalam serangkaian percobaan yang melibatkan 48 orang dewasa mulai dari mahasiswa tingkat sarjana hingga mereka yang berusia 80-an.

Hasilnya, orang dewasa yang lebih tua lebih sedikit mengingat kata-kata daripada orang dewasa yang lebih muda. Tetapi para peneliti menemukan bahwa kedua kelompok umur itu lebih mengingat kata-kata yang mereka gambar yang bertentangan dengan yang mereka tulis.

Para peneliti menemukan bahwa menggambar adalah alat menghafal yang lebih baik, terlepas dari kualitas gambar atau berapa lama mereka selesai.

Nah, jadi mulai sekarang ketika ingin mengingat sesuatu kalau bisa jangan cuma ditulis dan dicatat ya, tapi juga digambar.

 

Terkait

Terkini