Jum'at, 27 November 2020

Sri Mulyani Kembali Jadi Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Kebijakannya selama menjabat Menteri Keuangan, dianggap mampu menekan angka kemiskinan cukup signifikan.

Tinwarotul Fatonah | Rima Suliastini
cloud_download Baca offline
Sri Mulyani. (Suara.com/Oke Atmaja)
Sri Mulyani. (Suara.com/Oke Atmaja)

Dewiku.com - Sri Mulyani kembali jadi wanita paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes tahun 2018. Dari 100 wanita yang tercatat paling berpengaruh di dunia, nama Sri Mulyani menduduki posisi ke-78.

Pada tahun yang sama, Sri Mulyani juga terpilih sebagai Menteri Keuangan terbaik 2018 di kawasan Asia Timur dan Pasifik versi majalah Global Markets.

Sosoknya yang powerfull kembali mengingatkan kita pada tahun 2016, di mana Sri Mulyani pernah menduduki peringkat 37 dunia sebagai wanita paling berpengaruh.

Melansir dari majalah Forbes, selama menjabat Menteri Keuangan, Sri Mulyani dinyatakan sukses menurunkan angka kemiskinan di Indonesia. Reformasi pajak yang dia terapkan mampu menurunkan angka kemiskinan di Indonesia secara signifikan.

Sri Mulyani. (Suara.com/Dian Kusumo Hapsari)
Sri Mulyani. (Suara.com/Dian Kusumo Hapsari)

Selain itu, dirinya juga kerap menggaungkan tentang kesetaraan gender. Dalam sebuah makalah, Sri Mulyani pernah menulis bahwa partisipasi perempuan dalam pekerjaan telah mengalami penurunan secara global.

Hal-hal inilah yang mendorong Sri Mulyani menerima penghargaan lain, seperti menempati posisi ke-19 dalam daftar The 22 Most Powerful Female Political and Policy Leaders 2018.

FYI, majalah Forbes selalu merilis 100 nama wanita yang paling berpengaruh di dunia setiap tahunnya. Nama-nama ini diambil dari berbagai latar belakang, seperti politik, bisnis hingga selebriti.

Tahun ini, yang menempati posisi pertama wanita paling berpengaruh adalah Kanselir Jerman Angela Merkel.

Terkait

Terkini