Sabtu, 26 September 2020

Girls, Ini Sarapan yang Paling Cocok Dikonsumsi saat Musim Hujan

Musim hujan bikin kamu gampang sakit? Jaga daya tahan tubuh dengan makanan ini.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi sayuran sehat. (Unsplash)
Ilustrasi sayuran sehat. (Unsplash)

Dewiku.com - Ketika memasuki musim hujan, banyak orang mengeluh daya tahan tubuh jadi menurun sehingga gampang sakit. Hal ini termasuk wajar, karena tubuh turut beradaptasi dalam menyesuaikan perubahan cuaca. Salah satu pencegahan yang bisa kalian lakukan adalah mengkonsumsi sarapan sehat, seperti yang direkomendasikan di bawah ini.

Telur

Sebutir telur ternyata mengandung banyak nutrisi, di antaranya vitamin D dan vitamin B12. Vitamin D sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan dapat mencegah pilek sedangkan Vitamin B12 dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Agar kandungan nutrisinya dapat terserap maksimal, sebaiknya konsumsi telur dengan cara direbus. Hal ini lebih sehat ketimbang sarapan dengan olahan telur yang digoreng.

Ilustrasi telur/pexels.com
Ilustrasi telur. (Pexels)

Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini memang terkenal karena memiliki banyak kandungan gizi. Brokoli mengandung vitamin A, C dan E yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Rajin mengonsumsi brokoli juga bisa mencegah kanker, lho. Seperti telur, brokoli juga lebih sehat jika dikonsumsi dengan cara direbus. Sebaiknya hindari merebus brokoli terlalu lama karena akan membuat nutrisinya hilang.

Ilustrasi brokoli. (Unsplash)
Ilustrasi brokoli. (Unsplash)

Teh Jahe

Minum teh jahe hangat saat pagi hari sangat baik untuk menjaga ketahanan tubuh kamu, terutama saat musim hujan seperti ini. Teh jahe mengandung antioksidan yang sangat baik untuk penderita flu.

Selain itu, teh jahe juga kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino sehingga dapat memperbaiki sirkulasi darah. Jika dikonsumsi secara rutin, maka keluhan seputar kardiovaskular juga dapat ditekan.

Ilustrasi minum teh. (Unsplash/Drew Coffman)
Ilustrasi minum teh jahe. (Unsplash/Drew Coffman)

Pepaya

Buah tropis ini punya segudang manfaat yang bisa kamu andalkan sebagai pertahanan diri selama musim hujan. Kandungan vitamin C yang tinggi bisa membantu kamu agar nggak mudah sakit. Selain itu, pepaya juga baik untuk kesehatan saluran cerna.

Buat kamu yang mengalami sembelit, jangan buru-buru minum obat kimia. Coba makan buah pepaya secara rutin, maka keluhan saluran cerna akan teratasi.

Buah pepaya / Unsplash.com
Buah pepaya. (Unsplash)

Terkait

Terkini