Kamis, 22 Oktober 2020

6 Ciri Orang Narsis yang Perlu Kamu Tahu

Narsis bisa merusak hubungan dengan orang terdekat.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi narsis. (Pexels)
Ilustrasi narsis. (Pexels)

Dewiku.com - Istilah narsis sering diartikan dengan sikap orang yang percaya diri banget kalau soal foto-foto dan selfie. Padahal arti tersebut sangat meleset dari definisi yang dibuat oleh Sigmund Freud. Psikolog ternama ini mendefinisikan narsis sebagai gangguan kepribadian narsistik atau Narcissistic Personality Disorder (NPD).

Para ahli pun meneliti bahwa memiliki NPD bisa sangat merusak hidup seseorang bahkan hubungan dengan orang sekitarnya. Lalu seperti apa sih ciri-ciri orang dengan NPD itu? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Membanggakan diri secara berlebihan

Orang narsistik suka membicarakan segala hal tentang dirinya. Saat orang lain bicara, ia nggak benar-benar mendengarkan. Mereka hanya menunggu giliran untuk bisa bicara yang fokus pada dirinya saja. Makanya, mereka bukan tempat yang tepat untuk curhat.

Ilustrasi narsis. (Pexels)
Ilustrasi narsis. (Pexels)

 

2. Ingin diakui sebagai superior

Mereka cenderung bertingkah bahwa mereka lebih baik daripada yang lain dan haus rasa kagum meski nggak punya prestasi luar biasa, bahkan cenderung melebih-lebihkan. Selain itu mereka percaya bahwa dirinya adalah individu superior dan hal itu hanya dapat dimengerti oleh orang-orang yang berkedudukan sama tinggi atau sama spesialnya.

3. Minim empati

Biasanya orang narsis sangat kurang dalam hal empati. Joseph Burgo, seorang ahli psikologi dan penulis mengungkapkan melalui Business Insider bahwa tanda nomor satu kenarsisan adalah tidak adanya ketertarikan dalam cerita orang lain dan ketidakmampuan untuk merasakan posisi orang lain.

4. Sulit menjalin hubungan

Orang narsis mudah terikat tapi mudah pula mengakhiri sebuah hubungan. Hal ini dikarenakan meraka sulit menjalin dan menjaga hubungan yang sehat. Ingin dominan dan terkesan mengatur.

Ilustrasi mengobrol / Pixabay.com
Ilustrasi mengobrol / Pixabay.com

 

5. Nggak mau kalah

Nggak suka orang lain lebih sukses dan nggak suka kalau dikritik. Pokoknya, mereka nggak suka kalau berada dalam posisi kalah atau lebih rendah. Ketika diingatkan, mereka pun bakal menanggapinya dengan jengkel, marah, mendebatnya dan merasa dipecundangi.

6. Arogan

Orang narsis cenderung berbicara dan berperilaku sombong atau angkuh. Mereka akan mengatakan segala hal yang mereka yakini benar meski sebenarnya nggak sesuai fakta, bahkan mereka nggak sungkan berbicara kasar ketika berdebat dengan orang lain ketika pendapatnya berseberangan.

Nah itu dia 6 ciri orang narsis. Apakah kamu punya ciri narsis di atas? Atau, malah ciri-ciri tersebut ada di orang sekitarmu? Hati-hati ya.

Terkait

Terkini