Jum'at, 27 November 2020

Enggak Disadari, Kebiasaan Ini Bikin Makin Boros

Jauhi kebiasaan ini untuk pundi-pundi uang yang lebih tinggi!

Dinar Surya Oktarini | Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Pexels.com
Pexels.com

Dewiku.com - Mengatur keuangan kelihatannya sih mudah, tapi prakteknya susah-susah gampang. Butuh niat yang kuat dan usaha untuk mengumpulkan tabungan.

Berhemat pun menjadi salah satu opsi agar pundi-pundi uang cepat terkumpul.

Namun bagaimana kalau sudah susah-susah berhemat tapi uang belum juga terkumpul?

Mungkin secara enggak sadar kamu sudah melakukan kebiasaan yang justru membuat boros. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Beli Barang Murah

Karena harganya yang sangat murah, kamu pun membelinya dengan harapan agar bisa hemat dengan konsekuensi kualitasnya jelek. Tapi untuk barang apa dulu. Kalau barangnya elektronik yang sifatnya jangka panjang seperti elektronik dan transportasi, usahakan pilih yang berkualitas. Sehingga kamu bisa menghindari reparasi yang tentu saja keluar uang lagi.

2. Tergiur Diskon dan Voucher

Siapa sih yang matanya enggak hijau kalau lihat diskon. Tapi diskon belum tentu bikin lebih hemat lho. Jangan sampai karena diskon yang besar membuatmu membeli barang yang enggak dibutuhkan. Hal itu juga berlaku untuk voucher. Harus cerdas saat membeli ya girls!

3. Boros Bensin dan Ojek Online

Bagi kamu yang suka bepergian untuk alasan yang enggak jelas, seperti sekedar putar-putar, mending mulai dibatasi. Bepergian naik sepeda motor atau mobil memang seru dan menyenangkan, tapi keluar uangnya enggak kerasa lho. Coba deh hitung total pengeluaranmu untuk transportasi.

4. Keseringan Nongkrong

Saat ini makin banyak tempat nongkrong yang menawarkan makanan, minuman dan suasana yang Instagramable. Mau gaul sih boleh tapi perhatikan keuanganmu. Sebaiknya tahan nafsu makan, jangan terlalu sering jajan atau beli makanan di luar rumah. Lebih murah dan sehat masak sendiri di rumah. Kalau sekedar seminggu sekali nongkrong boleh lah.

Terkait

Terkini