Jum'at, 16 April 2021

Tuai Kontroversi karena Bikin Sandal Muslim Friendly, Brand Ini Klarifikasi

Brand sandal Fipper melakukan kolaborasi dengan pengusaha cantik untuk membuat produk ini.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Nur Khotimah
cloud_download Baca offline
Viral sandal muslim friendly. (fipperslipper.com)
Viral sandal muslim friendly. (fipperslipper.com)

Dewiku.com - Beragam inovasi dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk menjajakan produk mereka. Begitu juga dengan brand sandal asal Malaysia yang bernama Fipper. Merek ini baru saja merilis sandal hasil kolaborasi dengan pengusaha Neelofa yang dicap "muslim friendly".

Melansir World of Buzz, perilisan Fipper X TheNoor by Neelofa ini pun menjadi bahasan hangat di kalangan warganet Malaysia. Beberapa menyampaikan kritik di Twitter atas label yang digunakan untuk sandal tersebut.

Warganet menganggap bahwa label "muslim friendly" dianggap sebagai bentuk dari eksploitasi agama. Mereka juga menyinggung perihal menunggangi agama demi kepentingan bisnis.

Pihak Fipper tak tinggal diam dengan banyakan kritikan tersebut. Pada Rabu (7/4/2021), brand sandal kenamaan ini membuat klarifikasi lewat Facebook resmi.

Mereka menjelaskan maksud dari penggunaan label "muslim friendly". Ternyata, label itu diberikan karena sandal kolaborasinya dengan Neelofa gampang digunakan oleh muslimah yang memakai stoking atau kaos kaki.

Viral sandal 'muslim friendly'. (Twitter/@ernamh)
Viral sandal 'muslim friendly'. (Twitter/@ernamh)

"Pihak Fipper ingin memberi penjelasan berkaitan dengan isu 'Muslim Friendly' yang heboh di media sosial belakangan ini. Produk Slip On, Fipper X TheNoor sesuai digunakan untuk muslimah yang memakai stoking," demikian penjelasan pihak Fipper.

Brand ini berkolaborasi membuat sandal "muslim friendly" karena produk mereka sebelumnya kebanyakan belum sesuai untuk para muslimah yang terbiasa mengenakan stoking atau kaos kaki.

Klarifikasi brand soal sandal muslim friendly. (Facebook/Fipper Slipper)
Klarifikasi brand soal sandal muslim friendly. (Facebook/Fipper Slipper)

"Karena produk kami sebelum ini kurang sesuai dengan imej muslimah yang berstoking seperti yang dinyatakan di dalam press release sebelum ini. Pihak Fipper ingin memohon maaf atas kekeliruan yang berlaku," ungkap mereka.

Walau begitu, tampaknya rumor miring tentang sandal ini tidak terlalu berpengaruh terhadap penjualan produk. Melansir website resmi Fipper, salah satu varian sandal ini sudah ludes terjual.

Sandal kolaborasi Fipper X TheNoor sendiri tersedia dalam empat varian warna, yaitu magenta violet, black grey, violet, dan pink. Semuanya dijual dengan harga 79,9 Ringgit atau sekitar Rp281 ribu.

Terkait

Terkini