Jum'at, 07 Agustus 2020

Bisa Kurangi Stres, Penyebab Wanita Senang Mencium Bau Pakaian Pasangan

Apakah kamu termasuk orang yang suka meminjam baju pasangan demi mencium aromanya?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi perempuan seksi. (Pixabay/Fernando Gimenez)
Ilustrasi perempuan seksi. (Pixabay/Fernando Gimenez)

Dewiku.com - Ada beragam cara untuk mengurangi tingkat stres. Bagi kaum Hawa, Anda mungkin bisa mencoba untuk mencium bau pakaian milik pasangan.

Selama ini, tidak sedikit orang yang merasa nyaman dan tenang ketika mencium aroma baju pasangan. Hal ini ternyata bisa dibuktikan secara ilmiah.

Dilansir dari Bustle, sebuah studi yang dilakukan departemen psikologi di University of British Columbia berhasil mengungkapkan jawabannya.

Studi yang diterbitkan di Journal of Personality and Social Psychology itu mengungkapkan, bau pakaian pasangan dapat mengurangi rasa stres pada wanita.

Selain itu, bau pakaian pasangan juga bisa membantu mereka mengurangi rasa kesepian dan kecemasan.

Ilustrasi Memakai Baju Pasangan (Pixabay/Nietjuh)
Ilustrasi Memakai Baju Pasangan (Pixabay/Nietjuh)

Dalam studi itu, peneliti telah menyiapkan kaus yang sudah dikenakan selama 24 jam oleh pasangan. Setiap kaus lantas dibekukan agar aroma yang ada tetap terjaga.

Selanjutnya, sebanyak 96 wanita yang berpartisipasi diminta untuk mencium aroma secara acak. Ada yang diminta mencium bau baju pasangan, tapi ada juga yang diminta mencium bau baju orang lain dan baju yang masih bersih.

Para wanita ini kemudian diminta melakukan aktivitas yang meningkatkan rasa stres, seperti wawancara kerja. Setelahnya, peneliti mengukur tingkat hormon stres atau kortisol masing-masing peserta.

Hasilnya, wanita yang sudah lebih dulu mencium aroma baju pasangan punya tingkat stres lebih rendah.

Uniknya lagi, hal ini cuma berlaku saat wanita mencium aroma baju pasangan dan bukan sebaliknya.

Ilustrasi pasangan suami istri. [Shuttestock]
Ilustrasi pasangan. [Shuttestock]

"Riset menunjukkan bahwa wanita memiliki daya penciuman yang lebih baik, dan pria lebih terstimulasi secara visual, sehingga pria bisa mengurangi stres cukup dengan melihat baju pasangan," ungkap psikolog Peter Klein.

"Seberapa dekat seorang wanita dengan pasangan juga berpengaruh. Semakin bahagia seorang wanita dengan hubungan yang ada, makin nyaman pula bau baju pasangannya."

Psikolog juga berharap hasil studi tersebut bisa membantu pasangan yang sering terpisah jarak karena mesti bekerja ke luar kota.

Cukup dengan membawa pakaian yang sudah pernah digunakan oleh pasangan, kamu bisa mengurangi tingkat stres yang terasa walau sedang berada jauh dari rumah.

Terkait

Terkini