Kamis, 09 Juli 2020

WFH Belum Berakhir? 3 Alasan Jangan Cuma Dasteran ketika Bekerja dari Rumah

Kamu masih tetap perlu dandan meski hanya bekerja dari rumah

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi tempat kerja. (Unsplash/Bench Accounting)
Ilustrasi tempat kerja. (Unsplash/Bench Accounting)

Dewiku.com - Beberapa perusahaan telah mulai menerapkan work from office (WFO) kembali secara bertahap menyusul persiapan menuju tatanan kehidupan baru. Walau demikian, banyak juga orang yang hingga kini tetap bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

Nah, sekian lama WFH, bagaimana caramu berpakaian ketika bekerja? Apakah kamu merasa nyaman cuma pakai piyama atau daster dan hanya berdandan ketika ada rapat daring?

Ternyata, cara kita berpakaian saat bekerja di rumah bisa memengaruhi kinerja. Melansir Yourtango, berikut beberapa alasan mengapa kamu tetap disarankan berdandan saat WFH.

Ilustrasi bekerja dari rumah atau WFH (Shutterstock).
Ilustrasi bekerja dari rumah atau WFH (Shutterstock).

1. Membentuk pola pikir sedang bekerja

Ketika mengenakan pakaian yang biasa kamu pakai saat bekerja, bakal muncul pola pikir, "Saat saya mengenakan pakaian ini, saya sedang dalam mode kerja."

Peneliti Joy V. Peluchette dan Katherine Karl melakukan studi yang hasilnya membuktikan bahwa mereka yang berbusana untuk bekerja saat WFH merasa lebih bertanggung jawab dan kompeten.

"Interaksi dua arah yang signifikan ditemukan antara preferensi pakaian dan cara berpakaian yang dikenakan dengan persepsi diri tentang produktivitas, kepercayaan, kreativitas, serta keramahan," ungkap studi itu.

2. Membantumu memisahkan kehidupan kerja dan pribadi

Karena melakukan semuanya di rumah, mungkin kamu jadi kerap merasa aneh dengan jam kerjamu sendiri. Bahkan, kamu merasa seperti sedang bekerja bahkan di hari libur.

Ilustrasi pekerja perempuan. (Unsplash/Andrew Neel)
Ilustrasi pekerja perempuan. (Unsplash/Andrew Neel)

Nah, itulah mengapa kamu perlu membikin batas antara kehidupan kerja dan pribadi saat semuanya dilakukan di rumah. Jadi, jangan bekerja delapan jam sehari dengan baju tidurmu lagi, ya!

3. Membangun mood bekerja

Otak kita terbiasa memberi tahu bahwa mengenakan pakaian nyaman dan sangat santai seperti piyama berarti waktunya untuk rileks atau tidur, bukan bekerja.

Jadi ketika bekerja dari rumah, ada baiknya kamu berpakaian yang lebih profesional untuk membangun mood.

Dalam sebuah wawancara dengan Fox News, psikoterapis Dr.Kathryn Smerling mengungkapkan, "Ini cuma salah satu dari berbagai cara mempersiapkan diri secara mental untuk akhir satu adegan dan awal yang lain."

Terkait

Terkini