Rabu, 30 September 2020

Bingung Perut Buncit sehabis Lebaran? Terapkan 10 Trik Berpakaian Ini

Kebanyakan makan hidangan Lebaran, perut buncit mendadak datang.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi gaya busana perempuan bertubuh curvy. (Unsplash/Chelsea Massengill)
Ilustrasi gaya busana perempuan bertubuh curvy. (Unsplash/Chelsea Massengill)

Dewiku.com - Bagi beberapa orang, memiliki perut buncit bisa menjadi masalah besar. Jika perut terlanjur buncit, segala cara pun dilakukan untuk menutupinya.

Masalah perut buncit ini juga sering kali datang setelah momen Lebaran. Hal itu lantaran kita banyak mengonsumsi makanan berlemak dan kue-kue Lebaran.

Menghilangkan perut buncit dengan cara berolahraga tentu butuh waktu. Sementara waktu, Anda bisa menyembunyikan perut buncit dengan trik berpakaian berikut, seperti dilansir dari Bright Side.

1. Pilih pakaian longgar

Pakaian ketat sangat tidak disarankan untuk Anda yang punya masalah dengan perut buncit karena hanya akan menonjolkan perut buncit. Selain memilih pakaian berpotongan longgar, usahakan juga untuk memilih pakaian dengan satu warna, terutama warna gelap.

Baju motif garis vertikal. (Unsplash/Daniel Apodaca)
Baju motif garis vertikal. (Unsplash/Daniel Apodaca)

2. Pilih pakaian dengan garis vertikal

Ornamen, pola, dan garis vertikal membuat Anda terlihat lebih tinggi. Tetapi Anda juga mesti mempertimbangkan lebar garis dan jaraknya. Garis-garis yang terlalu lebar bisa membuat Anda lebih besar secara visual, jadi pilihlah pakaian dengan garis-garis yang kecil tapi banyak.

Kalau merasa gaun dengan garis-garis vertikal tampak terlalu mencolok, pilih satu potong pakaian dengan pola garis vertikal, misal cardigan atau celana.

3. Tonjolkan bagian tubuh yang lain

Demi mengalihkan perhatian dari perut, Anda bisa menonjolkan bagian tubuh lain, contohnya bahu. Misalnya, dengan mengenakan blus model sabrina berwarna gelap.

Jika Anda mempunyai kaki yang jenjang, Anda bisa mengenakan rok atau gaun di atas lutut, atau Anda bisa mengenakan legging.

4. Pilih pakaian model maxi

Kalau Anda memilih mengenakan gaun, pilih gaun dengan panjang sedikit di bawah lutut, atau maxi. Gaun berpotongan lurus bisa dipilih, tapi hindari gaun dengan detail di bagian perut.

Cara terbaik untuk menyembunyikan perut buncit adalah dengan mengenakan gaun model A line dengan potongan pinggang yang tinggi. Untuk gaun dengan model ini, pilih yang berwarna terang, misalnya mustard.

Maxi dress. (Unsplash/Eugene Chystiakov)
Maxi dress. (Unsplash/Eugene Chystiakov)

5. Gunakan atasan satu warna

Blus dan kemeja satu warna merupakan pilihan yang sederhana. Namun, itu akan tampak bagus untuk menutupi kekurangan Anda.

6. Kenakan atasan longgar, t-shirt, dan tunik

Atasan yang longgar adalah pilihan yang bagus jika tidak ingin menunjukkan perut buncit Anda. Meski begitu, jangan pilih yang terlalu kebesaran, ya. Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan dan hanya akan membuat tubuh Anda terlihat lebih besar. Tutupi atasan dengan jaket yang terbuka.

7. Celana berpinggang tinggi

Celana dengan potongan pinggang tinggi akan membuat garis dari pinggang ke pinggul menjadi halus, dan membikin tonjolan perut Anda tak akan terlihat.
Celana hitam klasik atau warna gelap model sederhana yang terbuat dari kain tebal bisa jadi pilihan.

8. Lupakan celana jeans berpotongan rendah

Celana jeans lurus yang dipadukan dengan sepatu hak tinggi bagus untuk Anda kenakan. Hanya saja, hindari celana jeans dengan potongan pinggang rendah. Celana jeans bisa Anda padukan dengan ikat pinggang.

Namun, Anda harus sangat berhati-hati saat memilih model ikat pinggang: Jika terlalu besar dengan gesper besar, itu akan merusak penampilan Anda karena justru akan menarik perhatian ke daerah perut.

Memakai rok batik. (Unsplash/ambar simpang)
Memakai rok batik. (Unsplash/ambar simpang)

9. Pakai rok

Rok pensil yang terbuat dari kain tebal atau warna gelap dan dipadankan dengan sepatu hak tinggi adalah rahasia lain untuk menyembunyikan masalah perut buncit.

Rok yang sedikit melebar bisa menjadi alternatif. Anda boleh saja memilih warna cerah. Namun ingat, tetaplah memilih rok dengan potongan pinggang tinggi, ya.

10. Pakai cardigan

Cardigan adalah pakaian universal yang cocok dipadankan dengan celana, jeans, rok, dan gaun. Cardigan akan membuat garis vertikal yang seolah meluruskan tubuh Anda.

Cardigan rajut paling baik dipakai terbuka. Jangan mengancingkannya, terutama di sekitar perut yang justru jadi bagian yang ingin Anda sembunyikan. Cardigan dengan kantong besar bukan pilihan yang baik karena akan membuat Anda terlihat lebih besar. (*Vania Rossa)

Terkait

Terkini