Senin, 21 Oktober 2019

Tips Merawat Tas Kulit, Jangan Sampai Kena Air!

Perawatan tas kulit ini susah-susah gampang.

Vika Widiastuti | Yasinta Rahmawati
Ilustrasi tas kulit. (Unsplash/Alfonso Ramirez)
Ilustrasi tas kulit. (Unsplash/Alfonso Ramirez)

Dewiku.com - Tas kulit adalah salah satu fashion item yang tak akan lekang oleh zaman. Meski demikian, merawat tas kulit bukan perkara mudah. Demi menjaga kondisinya, ada beberapa perlakuan khusus yang harus diterapkan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips merawat dan menjaga tas kulit.

1. Melindungi dari air
Air akan dengan mudah menyerap ke dalam bahan kulit dan bisa merusaknya. Kini muncul pembersih yang berbentuk penghapus atau foam. Lebih dianjurkan untuk mencucinya dengan barang tersebut ketimbang air.

2. Hindari menyimpan tas di tempat lembap
Kondisi udara yang lembap dapat menyebabkan bahan kulit berjamur. Pastikan tempat penyimpanan kering dan cukup udara. Supaya lebih aman. Jangan lupa masukkan silica gel ke dalam kotak sepatu atau lemari tas.

Silica gel dapat menyerap kelembapan serta mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri yang dapat merusak bahan kulit.

3. Hindari sinar matahari
Paparan sinar matahari yang terlalu lama atau sering, berisiko membuat bahan kulit menjadi kering dan cepat terkelupas. Selain itu, sinar matahari juga dapat menyebabkan warna bahan kulit memudar, menjadikannya terlihat kusam.

Ilustrasi tas kulit. (Pixabay)
Ilustrasi tas kulit. (Pixabay)

 

4. Hindari terkena plastik
Plastik adalah musuh terbesar bahan kulit. Jangan simpan koleksi tas kulit dalam posisi bersentuhan dengan plastik sebab ia dapat menyerap warna pada kulit sehingga membuatnya terlihat pudar dan noda seperti jamur.

 

Terkait

Terkini