Senin, 21 Oktober 2019

Perlu Dicatat, Ini Tips Mencuci dan Menyimpan Sweater Rajut

Tidak mau sweater rajut cepat buluk kan?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
Pakai sweater. (Unsplash/Remy_Loz)
Pakai sweater. (Unsplash/Remy_Loz)

Dewiku.com - Demi mempertahankan usia pemakaian, tak semua busana bisa diseragamkan dalam perawatannya. Misalnya saja untuk sweater rajut, perlu cara khusus dalam mencuci dan menyimpannya.

Dilansir dari Well and Good, Valerie Macaulay, salah satu pendiri merek pakaian rajut La Ligne berbagi tips merawat sweater rajut agar tahan lama.

Pertama dari durasi mencuci baju. Ia menyarankan tak perlu mencucinya setiap kali habis dipakai, kecuali ada noda makanan atau minuman.

Selanjutnya, sangat disarankan mencuci sweater rajut dengan menggunakan pembersih kering atau dicuci tangan. Hindari pemakaian mesin cuci yang akan merusak bahan rajutan.

"Tergantung pada kondisi sweaternya saat itu, saya akan mencuci dengan pembersih kering ataupun mencuci dengan air dingin ditambah cairan khusus rajut," jelas dia.

Ilustrasi merajut. (Shutterstock)
Ilustrasi merajut. (Shutterstock)

Valerie mengatakan cara ini lebih maksimal membersihkan kotoran yang menempel. Sedangkan untuk mengeringkannya, cukup dibiarkan kering secara alami tanpa dimasukkan dalam mesin pengering.

Lebih baik cucian sweater rajut dijemur tanpa terlalu terpapar terik matahari demi menjaga ketahanan warna.

Setelah itu, sweater rajut mesti selalu disimpan dalam kondisi dilipat.

Ilustrasi merajut sambil dengarkan musik metal di Finlandia. (Shutterstock)
Ilustrasi merajut. (Shutterstock)

"Selalu lipat, menggantung sweater bisa meregangkan dan mengubah bentuk rajutan seiring berjalannya waktu," katanya menerangkan.

Jika ada rajutan yang terlepas atau tersangkut dengan benda lain, sebaiknya jangan tunda untuk segera menyerahkannya kepada penjahit yang terpercaya. Sebab, perlu alat dan penanganan khusus yang cuma bisa dilakukan para penjahit.

Terkait

Terkini