Kamis, 17 Oktober 2019

Tampilkan Gambar Dewi Hindu, Desainer London Ini Dikecam

Banyak pemeluk agama Hindu yang tidak terima.

Vika Widiastuti | Yasinta Rahmawati
Goddess Print Puffer Jacket. (Suldn.com)
Goddess Print Puffer Jacket. (Suldn.com)

Dewiku.com - Seorang perancang busana asal London, dituduh melakukan perampasan budaya. Tuduhan itu mucul setelah ia menggunakan gambar Dewi Hindu Durga untuk serangkaian pakaian yang dirilis awal tahun ini.

Melansir dari Next Shark, Sera Ulger yang berbasis di Dalston, London Timur merilis baju renang, jaket, dan sepasang celana panjang pada bulan Januari.

Namun kemudian ia meminta maaf karena telah menyinggung komunitas Hindu "tanpa sengaja."

"Merek saya adalah tentang kekuatan perempuan. Ini tentang sikap dengan banyak emosi pada cetakan. Jadi menggunakan sang dewi cukup relevan," kata Sera Ulger kepada Evening Standard setelah serangan dari warganet.

Tapi beberapa bulan kemudian, warganet kembali mengecam Sera Ulger karena terus menjual karya kontroversial itu. Namun, ia menghapus komentar dan memblokir orang di media sosial.

Dalam serangkaian IG Story pada hari Kamis (18/07/2019) pengguna Instagram Hindu @smriti__shah menggambarkan bagaimana Sera Ulger berusaha membungkam mereka yang mengeluh tentang karyanya.

Goddess Print Puffer Jacket. (Suldn.com)
Goddess Print Puffer Jacket. (Suldn.com)

 

Drama ini dimulai setelah @smriti__shah memposting sebuah story yang meminta Sera untuk menghapus jaket dari produksi. "@Seraulgerldn hapus jaket ini dan berhenti menempelkan agamaku pada pakaian karena estetiknya,"

Sera diduga mematikan semua komentar untuk postingan @smriti__shah yang telah dibagikan dalam ceritanya. Sampai tulisan ini dibuat, halaman Instagram Ulger, yang menggunakan nama pengguna @serauglerldn, tidak tersedia.

@smriti__shah juga menemukan bahwa Ulger telah bercabang untuk menjual kemeja yang berisi gambar yang sama untuk pria. "Laporkan merek ini, TOLONG," desaknya.

@smriti__shah, yang juga membawa masalah ini ke Twitter, meminta warganet untuk membantunya memboikot merek Sera Ulger.

Saat ini hanya Goddess Print Puffer Jacket yang tersedia di situs web Sera Ulger dengan harga USD 562 atau Rp 7,8 juta.

Terkait

Terkini