Sabtu, 07 Desember 2019

Tampil Anggun, Ini Makna Busana Iriana Jokowi di KTT G20

Busana Iriana Jokowi berhasil mencuri perhatian dunia.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi
Iriana Joko Widodo. (YouTube/Kaesang)
Iriana Joko Widodo. (YouTube/Kaesang)

Dewiku.com - Bukan cuma Presiden Joko Widodo yang berhasil mencuri perhatian di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang. Iriana Jokowi ternyata juga memikat atensi dunia dengan busana yang ia pakai kala mendampingi Jokowi di acara penting tersebut.

Sekilas, memang penampilan Iriana Jokowi terlihat berbeda dari Ibu Negara lain yang ikut hadir dalam konferensi itu. Iriana Jokowi terlihat menawan mengenakan kain batik saat mengikuti spouse program.

Pilihan busana diketahui bisa menjadi siasat diplomasi dengan cara yang halus dan elegan. Itulah yang sepertinya ingin ditunjukkan oleh Iriana Jokowi.

Dilansir dari berbagai sumber, pilihan motif batik yang dipakai oleh Iriana Jokowi juga sangat spesial. Sebab, motif tersebut mempunyai filosofi seorang pemimpin, yaitu Parang Buketan.

Parang sebenarnya ciri khas batik pedalaman seperti Jogja dan Solo. Biasanya motif batik tersebut dikenakan oleh para raja, ratu, atau anak-anaknya.

Iriana Jokowi. (YouTube/Sekretariat Presiden)
Iriana Jokowi. (YouTube/Sekretariat Presiden)

Hal menarik lainnya adalah motif buketan berasal dari Pekalongan. Jadi ada kemungkinan, motif batik tersebut berasal dari Pekalongan tapi dibuat di Solo.

Selain itu, selendang batik yang dipakai oleh Iriana Jokowi pun tampak menarik. Motif selendang batik tersebut adalah batik pesisir karena motifnya memiliki tumpal.

Iriana Jokowi. (YouTube/Sekretariat Presiden)
Iriana Jokowi. (YouTube/Sekretariat Presiden)

Kemungkinan besar, pesan yang ingin disampaikan oleh Iriana Jokowi saat memilih motif batik tersebut dalam salah satu agenda acara di KTT G20 tersebut adalah komunikasi tingkat tinggi yang berhubungan dengan budaya asli Indonesia.

Terkait

Terkini