Selasa, 15 Oktober 2019

Kim Kardashian Rilis Label Shapewear, Dikecam Warganet Jepang

Nama label yang dipilih Kim Kardashian adalah biang keladinya.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
Kim Kardashian. (Instagram/@kimkardashian)
Kim Kardashian. (Instagram/@kimkardashian)

Dewiku.com - Setelah meluncurkan foundation untuk badan, Kim Kardashian merilis label shapewear yang dinamai Kimono Solutionwear. Sayangnya hanya beberapa saat setelah mengunggahnya di media sosial, Kim langsung mendapat kritik pedas dari warganet, khususnya asal Jepang.

Shapewear merupakan sesuatu yang sangat diminati Kardashian selama 15 tahun terakhir. Seperti dikutip dari BBC, bintang reality show ini mengatakan label tersebut diklaim mampu merayakan dan meningkatkan bentuk dan lekuk tubuh wanita.

"Kimono adalah pilihan saya untuk shapewear dan solusi untuk wanita yang benar-benar bekerja," tulisnya.

Banyak yang dengan cepat mencela nama itu dan mengatakannya sebagai perampasan budaya. Warganet Jepang bahkan mengatakan merek itu tak menghormati pakaian tradisional mereka.

Kimono adalah pakaian Jepang, mewakili budaya dan sejarah yang kaya sejak abad kedelapan. Berbentuk jubah longgar lengan panjang yang biasanya diikat dengan ikat pinggang, kimono dianggap sebagai pakaian nasional Jepang dan sekarang sebagian besar dipakai pada acara-acara khusus.

Kim Kardashian Kimono Solutionwear. (Instagram/@kimkardashian)
Kim Kardashian Kimono Solutionwear. (Instagram/@kimkardashian)

"Shapewear [ini] bahkan tidak menyerupai kimono. Dia cuma memilih kata yang memiliki Kim di dalamnya, tak ada rasa hormat terhadap apa arti sebenarnya pakaian dalam budaya kita," ujar salah satu warganet.

Karena hal tersebut, warga Twitter bahkan menggunakan #KimOhNo untuk berbagi foto seperti apa kimono itu. Banyak pula yang cemas bahwa orang mungkin mulai mengasosiasikan kimono dengan Kim Kardashian daripada Jepang itu sendiri.

Kim Kardashian. (Instagram/@kimkardashian)
Kim Kardashian. (Instagram/@kimkardashian)

"Saya membayangkan itu bakal berdampak pada hasil pencarian, tagar, jika merek ini menjadi sekuat usaha lainnya," komentar seorang warga Twitter.

Sementara itu, label Kimono Solutionwear ini dikabarkan membawa beragam ukuran, mulai dari XXS ke 4XL dan juga tersedia dalam sembilan warna.

Terkait

Terkini