Sabtu, 20 Juli 2019

Penemuan Inovatif, Bra Ini Bisa Melacak Kanker Payudara

Salah satu upaya deteksi dini kanker payudara.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
Pakaian dalam wanita. (Pixabay/fsHH)
Pakaian dalam wanita. (Pixabay/fsHH)

Dewiku.com - Julian Rios Cantu, seorang siswa berusia 18 tahun asal Meksiko, hampir kehilangan ibunya karena kanker payudara lima tahun lalu. Mereka terlambat mendeteksi tumor kecil yang kemudian tumbuh dengan begitu cepat.

Sang ibu selamat, tapi penyakit itu merenggut tubuhnya. Berdasar pengalaman menyakitkan itu, remaja ini lalu mendesain bra yang bisa mendeteksi kanker payudara.

Melansir dari In Style, bra tersebut menggunakan sensor di dalam lapisan yang mengumpulkan dan menyimpan data. Tumor akan menyebabkan lebih banyak darah mengalir ke area payudara tertentu, di antara perubahan lainnya.

Jadi, jika aliran darah, bentuk, suhu, atau tekstur pemakainya berubah secara dramatis, bra akan mendeteksi adanya perbedaan. Jika perubahan sedang berlangsung, itu akan menjadi pengingat untuk secepatnya mengunjungi dokter.

Julian Rios Cantu. (Instagram/@julianrioscantu)
Julian Rios Cantu. (Instagram/@julianrioscantu)

Namun tenang saja. Dengan menggunakan bra pendeteksi ini, payudara tetap berada pada posisinya dan tidak berubah bentuk. Sebab salah satu bagian paling keren dari desain bra ini adalah kemudahan penggunaannya.

Biosensor dapat dicocokkan dengan mudah ke berbagai model bra, lalu melacak informasi yang tersambung pada aplikasi sederhana.

Julian Rios Cantu. (Instagram/@julianrioscantu)
Julian Rios Cantu. (Instagram/@julianrioscantu)

Jadi wanita bisa memakai bra, membuka aplikasi, dan cukup duduk selama sekitar satu jam setiap minggu.

Tentu saja, teknologi ini masih dalam tahap prototipe. Julian terus berupaya mengembangkannya bersama dengan tiga teman melalui perusahaannya, Higia Technologies.

Terkait

Terkini