Sabtu, 23 Maret 2019

Ubah Celana Jeans Jadi Pelampung, Pria Ini Selamat dari Maut

Manfaat lain dari celana jeans.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Celana jeans. (Unsplash/Bruno Nascimento)
Celana jeans. (Unsplash/Bruno Nascimento)

Dewiku.com - Celana jeans rupanya bukan hanya berguna sebagai item fesyen yang fleksibel. Seorang pria memanfaatkannya menjadi jaket pelampung.

Saat berada di lautan, keberadaan jaket pelampung bisa menjadi penentu antara hidup dan mati. Hal itu jugalah yang disadari betul oleh turis bernama Arne Murke ini saat dia terjatuh dari yacht yang dinaikinya di lepas pantai Selandia Baru.

Dilansir dari The Sun, Arne dilaporkan sedang menaiki yacht bersama saudaranya ketika dia terhantam angin kencang. Sial baginya, Arne tersangkut tali kapal dan jatuh ke laut tanpa membawa jaket pelampung.

Akibat derasnya arus, Arne pun terbawa menjauh dan gagal mengambil jaket pelampung yang dilemparkan saudaranya. Belum lagi, motor kapal yacht yang mereka tumpangi mengalami kerusakan parah.

Terjebak sendirian di laut tanpa jaket pelampung, kemungkinan Arne selamat saat itu relatif kecil. Untungnya, lelaki 30 tahun tersebut ingat salah satu trik yang kerap digunakan Angkatan Laut.

Trik Buat Jaket Pelampung dari Celana Jeans (youtube.com/America's Navy)
Trik Buat Jaket Pelampung dari Celana Jeans (youtube.com/America's Navy)

''Aku melihatnya beberapa tahun lalu dan selalu berpikir jika aku tidak memiliki jaket pelampung, aku akan melakukan itu.''

Trik yang dimaksud adalah trik membuat jaket pelampung dari celana jeans. Berkat itu, Arne berhasil mengapung selama tiga setengah jam hingga helikopter SAR mengevakuasinya.

Trik membuat jaket pelampung dari celana jeans yang dimaksud Arne sebenarnya cukup sederhana. Lewat kanal America's Navy, dijelaskan bahwa orang yang tenggelam cukup melepaskan celana mereka. Setelah itu, bagian dari kaki celana jeans diikat menjadi satu.

Langkah berikutnya, celana jeans itu digelembungkan dengan menggunakan air dan dikalungkan ke leher, sementara bagian pinggang celana digenggam erat-erat.

Walaupun butuh usaha ekstra untuk mempertahankan celana agar tetap menggelembung, trik ini terhitung membantu bagi siapa pun yang jatuh ke laut tanpa sempat membawa jaket pelampung. (Guideku.com/Amertiya Saraswati)

Terkait

Terkini