Selasa, 24 November 2020

Jangan Dibiarkan, Lakukan Ini saat Bercak Hitam Muncul di Kulit

Bercak hitam di kulit dapat mengganggu penampilan jika dibiarkan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi. (Shutterstock)

Dewiku.com - Tak sedikit orang-orang yang mengalami masalah pigmentasi atau bercak gelap di kulit. Meski begitu, ada yang memilih untuk mengabaikannya saja.

Umumnya, bercak gelap ini muncul di kulit wajah. Namun, pigmentasi juga bisa timbul di area tubuh lain dan bahkan bertambah besar.

Pigmentasi menyebabkan warna kulit terlihat tak merata. Bercak gelap ini bisa hilang dengan sendirinya, tapi proses tersebut memakan waktu lumayan lama.

Melansir Boldsky, Kamis (22/10/2020) kemarin, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah bercak hitam makin besar dan meratakan warna kulit. Apa saja?

Jangan Dibiarkan, Lakukan Ini saat Bercak Hitam Muncul di Kulit - 1
Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)

1. Rajin memakai tabir surya

Salah satu penyebab utama pigmentasi adalah paparan sinar matahari. Sinar matahari bisa memicu produksi melanin dan menimbulkan bercak gelap di kulit.

Oleh karenanya, rajin-rajinlah melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Gunakan tabir surya di area yang terekspos sinar matahari.

2. Hindari iritasi pada kulit

Kulit sensitif dan gampang teriritasi dapat memicu munculnya bercak gelap di kulit. Bahkan, bercak gelap dapat muncul jika kamu sering menggaruk kulit.

Jadi, hindari membuat kulit makin teriritasi. Gunakan skincare untuk melindungi kulitmu, serta mencegah keinginan menggaruk kulit.

Produk skincare mengandung bahan alami. (Shutterstock)
Produk skincare. (Shutterstock)

3. Pastikan skincare sesuai dengan umur

Pigmentasi juga dapat muncul karena faktor usia. Semakin bertambahnya umur, produksi melanin bakal bertambah pula.

Untuk itu, pastikan kamu telah menggunakan serum dan produk anti-aging yang tepat. Hal ini bisa membantu mengatasi bercak gelap yang disebabkan pertambahan usia.

4. Gunakan gel lidah buaya

Seperti diketahui, lidah buaya punya segudang manfaat baik bagi kulit. Gel lidah buaya bisa menyembuhkan dan melembutkan kulit.

Oleskan gel lidah buaya di area yang mengalami bercak hitam. Pijat sebentar, dan biarkan meresap. Kamu dapat melakukan metode sederhana ini beberapa kali dalam sehari.

5. Konsultasi ke dokter kulit

Kalau pigmentasi di kulit tetap bertahan, tak ada salahnya mencoba berkonsultasi ke dokter kulit. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi dokter kalau bercak gelap terus muncul di kulit.

Terkait

Terkini