Selasa, 24 November 2020

Pemilik Salon Ungkap Dampak Salah Pilih Sampo, Cat Rambut Jadi Mudah Luntur

Pemilik salon dan penata rambut itu melakukan eksperimen sederhana untuk menentukan mana sampo yang baik.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi rambut berwarna. (Unsplash/Chris Arock)
Ilustrasi rambut berwarna. (Unsplash/Chris Arock)

Dewiku.com - Mengecat rambut memang dapat membuat penampilan lebih menarik. Namun, siapa yang tidak kesal jika cat rambut cepat luntur dan warnanya kusam? Bikin mood jelek, kan?

Bagi kamu yang sering gonta-ganti warna rambut, tentu tahu berapa uang yang harus dikeluarkan demi mengecat rambut di salon. Sayangnya, warna rambut kadang cepat luntur.

Belum lama ini, seorang penata rambut sekaligus pemilik salon mengungkapkan salah satu penyebab warna rambut mudah luntur.

Menyadur The Sun, penata rambut bernama Rachel Trach itu mengunggah video eksperimen di Facebook. Lewat video itu, dia menunjukkan pentingnya memilih sampo yang tepat.

Dalam video, Rachel terlihat menggunakan sampo Unite 7 Seconds seharga 19,95 poundsterling (Rp 380 ribu) yang memang berkualitas tinggi. Dia juga menggunakan sampo Tresemme 24 Hour Body Shampoo yang dihargai lebih murah dan bukan merupakan sampo khusus untuk rambut diwarnai.

Salah Pilih Sampo Bikin Warna Rambut Mudah Luntur (facebook.com/rachel.trach.1)
Salah Pilih Sampo Bikin Warna Rambut Mudah Luntur (facebook.com/rachel.trach.1)

Untuk melakukan percobaan tersebut, Rachel menuangkan masing-masing sampo ke dalam gelas berisi air dan mencampurnya. Dia lalu memasukkan helaian rambut yang sudah diwarnai ke dalam gelas tersebut.

Ketika memakai sampo yang berkualitas tinggi, bisa dilihat bahwa warna air tidak banyak berubah. Namun, saat dimasukkan ke gelas kedua, warna air lantas menjadi ungu. Hal ini menandakan bahwa cat rambut yang dipakai telah luntur.

Melalui percobaan sederhana itu, Rachel menunjukkan bahwa pemilihan sampo penting dalam menjaga warna rambut tetap awet.

Selain itu, Anda disarankan memilih sampo yang memang khusus rambut diwarnai. Sampo yang cocok untuk rambut diwarnai biasanya memiliki tekstur lembut dan warna mirip krim.

Salah Pilih Sampo Bikin Warna Rambut Mudah Luntur (facebook.com/rachel.trach.1)
Salah Pilih Sampo Bikin Warna Rambut Mudah Luntur (facebook.com/rachel.trach.1)

Sejak dibagikan, video penata rambut ini viral dan ditonton lebih dari lima juta kali. Menanggapi video tersebut, pihak Unilever sebagai produsen sampo Tresemme pun membenarkan bahwa ada produk yang tak dikhususkan untuk rambut diwarnai.

"Produk yang dipakai di video menjanjikan rambut bervolume, itu tak dibuat untuk menjaga warna rambut tetap awet."

"Untuk rambut diwarnai, kami menyarankan produk lain yang memang didesain untuk merawat rambut berwarna dan menjaga warna rambut tetap cerah hingga 8 minggu," ungkap pihak Unilever.

Terkait

Terkini