Minggu, 01 November 2020

Sering Jerawatan di Alis? Ini Penyebab dan Cara Menghindarinya

Jerawat di alis bisa terasa lebih menganggu dari jerawat biasa.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Dewiku.com - Wajah merupakan area yang mudah ditumbuhi jerawat sehingga bikin kepercayaan diri menurun. Tak cuma pipi, dahi, atau dagu, jerawat kadang muncul di tempat lain seperti hidung atau alis.

Jerawat yang tumbuh di area alis bisa terasa lebih mengganggu serta menyakitkan. Biasanya, jerawat tumbuh karena pori-pori tersumbat atau rambut alis kotor.

Kalau kamu tergolong sering mengalami jerawat di alis, tak ada salahnya mengetahui faktor apa saja yang berisiko menimbulkan masalah ini.

Melansir Boldsky, berikut beberapa hal yang menyebabkan jerawat di alis dan cara mengatasi jerawat.

Ilustrasi perawatan alis, cabut alis. (Shutterstock)
Ilustrasi. (Shutterstock)

1. Jaga kebersihan setelah threading dan waxing

Bagi Anda yang kerap melakukan prosedur threading dan waxing untuk membentuk alis, jangan lupa menjaga kebersihan. Hal ini terutama berlaku bagi pemilik kulit sensitif.

Lakukan eksfoliasi sekitar 1-2 hari sebelum prosedur perawatan alis di salon. Lalu, gunakan gel aloe vera atau es untuk mendinginkan area sekitar alis pasca threading atau waxing.

2. Perhatikan kosmetik untuk alis

Kulit di daerah alis juga bisa sensitif pada produk kecantikan. Sebisa mungkin, hindari produk yang memicu penyumbatan di pori-pori kulit. Carilah bahan-bahan non comedogenic supaya kulitmu tetap aman dari masalah jerawat.

Ilustrasi Alis Tebal. (Shutterstock)
Ilustrasi Alis Tebal. (Shutterstock)

3. Bersihkan peralatan makeup alis

Tak sedikit dari kita yang masih lalai membersihkan peralatan makeup untuk alis, seperti kuas. Padahal, peralatan makeup yang kotor dapat mengandung bakteri dan menimbulkan jerawat. Minimal, bersihkan kuasmu seminggu sekali.

4. Bersihkan alis dari makeup secara menyeluruh

Beda dengan area wajah lainnya, bagian alis terkadang tak dibersihkan secara maksimal. Tidak hanya itu, makeup mudah menumpuk di area alis.

Jangan malas membersihkan alis, terlebih sebelum tidur. Dengan begitu, makeup tidak akan menumpuk dan menyebabkan jerawat.

5. Lakukan eksfoliasi untuk mencegah rambut tumbuh ke dalam

Terakhir, jerawat bisa muncul karena rambut yang tumbuh ke dalam dan menyebabkan peradangan. Guna mencegah hal ini, lakukan eksfoliasi secara rutin seminggu sekali. Rambut tumbuh bisa menyebabkan penumpukan kotoran, bakteri, dan sel kulit mati.

Terkait

Terkini