Sabtu, 31 Oktober 2020

Jangan Mau Ditipu, Berikut 7 Tips Menghindari Pembelian Kosmetik Palsu

Ini perbedaan antara kosmetik palsu dan asli yang perlu diperhatikan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi kosmetik. (Shutterstock)
Ilustrasi kosmetik. (Shutterstock)

Dewiku.com - Bagi kamu pecinta makeup, pasti sudah tidak asing dengan produk kosmetik yang memiliki harga selangit. Untuk mendapatkannya, banyak orang pun rela menabung dalam waktu lama.

Sayangnya, tidak semua orang dapat membeli kosmetik dengan harga mahal. Akibatnya, berbagai macam produk makeup palsu bermunculan.

Kendati sepintas menggiurkan, produk kosmetik palsu dapat membawa bahaya bagi kulit dan kesehatan. Untuk itu, penting mengetahui perbedaan antara kosmetik asli dan palsu.

Melansir laman Brightside, berikut tujuh tips untuk menghindari kosmetik palsu di pasaran. Apa saja?

Ilustrasi kosmetik bekas. (Pexels/Skitterphoto)
Ilustrasi kosmetik. (Pexels/Skitterphoto)

1. Membeli kosmetik dari toko atau retailer resmi

Tidak hanya toko-toko kecil, toko ternama juga bisa menjual kosmetik palsu. Ada baiknya jika kamu mengecek laman website kosmetik yang bersangkutan dan melihat mana saja toko yang resmi menjualnya.

Selain itu, perhatikan pula diskon yang ada. Normalnya, produk kosmetik berkualitas tak akan didiskon terlalu tinggi.

2. Perhatikan kemasannya

Beberapa produk kosmetik palsu punya kemasan yang tak sebaik aslinya. Namun, ada juga kemasan yang terlihat hampir sama persis.

Untuk mencegah penipuan, cek foto kemasan yang asli di website kosmetik tersebut. Pastikan font, warna, hingga ukuran produk sudah sama persis seperti aslinya.

3. Cek nomor serial dan informasi produksi

Barcode juga bisa digunakan untuk mengecek keaslian produk. Untuk kosmetik palsu, 2-3 angka pertama dalam barcode biasanya tidak sesuai dengan negara yang memproduksi.

Produk palsu juga sering tidak mencantumkan nomor serial dan daftar bahan-bahan. Di sisi lain, produk kosmetik mahal dan asli biasanya menyediakan informasi dalam beberapa bahasa.

Ilustrasi kosmetik bekas. (Pexels/Angeli Sinha)
Ilustrasi kosmetik. (Pexels/Angeli Sinha)

4. Cek warna dari produk

Kalau hendak membeli eye shadow, lipstik, bedak, hingga blush on, perhatikan warna produk yang dibeli. Bandingkan warna produk tersebut dengan produk asli yang ada di situs website resmi. Produk yang palsu biasanya punya warna berbeda.

5. Perhatikan bau dan konsistensi

Kosmetik yang baik juga tidak memiliki bau menyengat atau terlalu wangi. Hal ini terutama berlaku pada produk matte. Produk dengan tekstur matte seharusnya memiliki konsistensi yang halus dan tidak tercampur bahan yang tak semestinya.

Ilustrasi mencoba kosmetik. (Shutterstock)
Ilustrasi mencoba kosmetik. (Shutterstock)

6. Cek kuas dan spons di dalamnya

Selain kemasan, kualitas kuas atau spons makeup juga bisa menjadi indikasi. Cek ukuran, warna, bentuk, dan kualitas alat-alat yang ada untuk memastikan keaslian produk yang dibeli.

7. Mengetes makeup sebelum pembelian

Terakhir, jangan lupa mengetes makeup yang hendak kamu beli. Eye shadow dan blush on yang berkualitas semestinya tak gampang luntur.

Lipstik asli dapat dioleskan hingga merata dengan mudah. Sementara, maskara asli tidak akan mudah menggumpal.

Terkait

Terkini