Minggu, 01 November 2020

Implan Payudara Berujung Petaka, Remaja Ini Meninggal setelah 14 Bulan Koma

Remaja 19 tahun itu tidak pernah terbangun setelah operasi dilakukan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi operasi implan payudara. (Shutterstock)
Ilustrasi operasi implan payudara. (Shutterstock)

Dewiku.com - Tidak sedikit jumlah orang yang memilih melakukan prosedur operasi plastik seperti implan payudara. Namun, bukan berarti operasi plastik bebas dari risiko.

Emmalyn Nguyen adalah seorang remaja 19 tahun yang meninggal pada 4 Oktober lalu setelah 14 bulan koma. Dia tak pernah bangun setelah melakukan operasi implan payudara.

Melansir laman Dailymail, remaja asal Colorado tersebut melakukan operasi plastik pada 1 Agustus 2019 lalu di Colorado Aesthetic and Plastic Surgery.

Kala itu, Emmalyn yang berusia 18 tahun sudah menerima anestesi. Namun, masalah medis terjadi saat Emmalyn ditinggalkan selama 15 menit lamanya.

Seorang perawat kemudian menemukan Emmalyn dengan tubuh membiru. Namun, Emmalyn dibiarkan tetap berada dalam kondisi tersebut selama 5,5 jam sebelum memanggil unit gawat darurat.

Selama lima jam itu, ibu Emmalyn juga dibiarkan tidak mengetahui kondisi anaknya. Sebaliknya, dokter berkata bahwa Emmalyn mungkin butuh waktu lama untuk bangun karena masih muda.

Koma 14 Bulan, Remaja Ini Meninggal karena Implan Payudara (instagram.com/emmxlyn)
Koma 14 Bulan, Remaja Ini Meninggal karena Implan Payudara (instagram.com/emmxlyn)

Menurut orangtua Emmalyn, remaja itu ingin melakukan implan payudara setelah lulus SMA demi meningkatkan rasa percaya diri.

Emmalyn bahkan telah menabung hingga sebesar USD 6.000 atau sekitar RP 88,4 juta untuk operasi. Dia juga dinyatakan dalam kondisi sehat.

Menurut pengacara keluarga Emmalyn, petugas medis lantas mencoba melakukan CPR. Namun, gadis itu tetap tak sadar dan berada dalam kondisi vegetatif.

Dalam kondisi tersebut, Emmalyn tak lagi bisa berjalan, berbicara, atau makan. Remaja ini lalu dipindahkan ke rumah perawatan dan harus makan serta bernapas lewat selang.

Emmalyn Nguyen dikabarkan sempat membaik dan sempat tersenyum sebelum meninggal. Namun, nyawa Emmalyn akhirnya tak terselamatkan.

Kematian Emmalyn disebabkan karena dirinya mengalami pneumonia serta kegagalan fungsi jantung. Keluarga Emmalyn juga merahasiakan kabar ini hingga pemakaman dilangsungkan.

Koma 14 Bulan, Remaja Ini Meninggal karena Implan Payudara (instagram.com/emmxlyn)
Koma 14 Bulan, Remaja Ini Meninggal karena Implan Payudara (instagram.com/emmxlyn)

Sebelumnya, keluarga Emmalyn telah melayangkan tuntutan kepada dokter bedah plastik dan ahli anestesi di klinik. Menurut mereka, klinik itu telah gagal melakukan prosedur anestesi dan lalai dalam mengawasi putri mereka.

Izin dokter bedah dan perawat yang menangani Emmalyn juga sempat dicabut. Namun, dokter bedah bersangkutan kembali mendapatkan izinnya pada Maret dengan masa percobaan 3 tahun. Di sisi lain, si perawat tetap boleh bertugas tapi tak lagi menangani prosedur anestesi.

Namun, menyusul kematian Emmalyn, belakangan tuntutan tersebut akan diubah menjadi "kesalahan medis yang menyebabkan kematian".

Terkait

Terkini