Sabtu, 31 Oktober 2020

Awas, 3 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bikin Rambut Mudah Patah

Apakah kamu masih sering melakukan kesalahan ini pada rambut?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Mengeringkan rambut dengan handuk. (Shutterstock)
Mengeringkan rambut dengan handuk. (Shutterstock)

Dewiku.com - Masalah rambut bercabang dan patah dapat dialami oleh siapa saja. Meski begitu, beberapa jenis rambut memang lebih rentan mengalami kerusakan karena hal tertentu.

Biasanya, orang-orang dengan rambut kering, kasar, atau tipis paling rentan mengalami masalah ini.

Namun, penyebab sebenarnya dari rambut mudah patah ada pada kebiasaan sehari-hari. Tanpa sadar, setidaknya ada kesalahan sepele yang bisa membuat rambut rusak.

Melansir Boldsky, berikut beberapa kesalahan yang membuat rambutmu lebih mudah patah dan bercabang.

Ilustrasi rambut rontok. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi rambut rontok. (Sumber: Shutterstock)

1. Menyisir rambut secara paksa

Siapa pun pasti kesal saat harus menyisir rambut yang kusut, terlebih selepas bangun tidur. Banyak orang bakal merasa tidak sabar dan menarik sisir secara paksa.

Mengatasi rambut kusut memang butuh kesabaran. Namun, jangan biasakan menarik dan menyisir rambut secara paksa. Selain gampang patah, hal ini juga membuat akar rambut menjadi lebih lemah.

Sebagai solusi, gunakan sisir dengan gigi yang lebar. Lalu, hindari menyisir rambut saat masih basah karena rambut basah lebih mudah patah.

2. Menggosok rambut terlalu kuat setelah keramas

Ketika mengeringkan rambut, mungkin kita menggosokkan handuk terlalu keras dan kuat. Hal ini sering dilakukan tanpa sadar agar rambut cepat kering.

Padahal, menggosok rambut basah terlalu kuat bisa jadi pemicu rambut patah. Rambut juga lebih mudah tertarik dari akarnya.

Ganti handukmu dengan bahan yang lebih lembut, seperti kain pakaian. Peras sisa air dari rambut, selanjutnya tekan dengan lembut.

Ilustrasi catok rambut. (Shutterstock)
Ilustrasi catok rambut. (Shutterstock)

3. Terlalu banyak memakai peralatan penata rambut

Demi mendapatkan tampilan cantik, alat-alat seperti hair dryer, catok, hingga pengeriting rambut kerap digunakan. Namun, ada baiknya jika alat-alat ini tidak terlalu sering dipakai.

Panas yang keluar dari alat-alat ini akan membikin rambutmu kehilangan kelembapan. Akibatnya, rambut mudah bercabang dan patah.

Kalau ingin memakai catok atau alat pengeriting rambut, jangan lupa menggunakan heat protectant spray terlebih dahulu.

Terkait

Terkini