Minggu, 25 Oktober 2020

7 Racikan Masker Alami, Bisa Bantu Mengatasi Masalah Kulit Kering di Tangan

Tak hanya wajah, masalah kulit kering di tangan juga kerap bikin tidak nyaman.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi tangan wanita. (Unsplash/David Fanuel)
Ilustrasi tangan wanita. (Unsplash/David Fanuel)

Dewiku.com - Masalah kulit kering bukan cuma dapat terjadi pada wajah. Paparan sinar matahari, cuaca dingin, hingga terlalu sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer juga bisa membuat kulit tangan jadi kering.

Kulit tangan yang kering akan tampak seperti mengelupas atau pecah-pecah serta membuatnya jadi terasa kasar dan gatal.

Merangkum Boldsky, berikut beberapa racikan masker alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering di tangan.

Masker madu

Ilustrasi madu dan lemon. (Shutterstock)
Ilustrasi madu dan lemon. (Shutterstock)

Madu tidak hanya bisa membantu mengunci kelembapan, sifat antibakteri dan antioksidannya juga membuat kulit lembut dan tampak bercahaya.

Kamu cuma butuh madu secukupnya. Oleskan madu ke kulit tangan, biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air biasa.

Krim susu dan madu

Krim susu mengandung asam laktat yang mampu menjaga kelembapan di kulit tangan. Kalau dicampur madu, racikan sederhana ini bisa melembutkan kulit kering.

Campurkan masing-masing satu sendok makan krim susu dan madu. Setelah itu, oleskan ke kulit tangan. Pijat perlahan, kemudian biarkan selama 15-20 menit. Jika sudah, bilas dengan air hangat.

Lidah buaya

Lidah buaya juga dikenal efektif menghidrasi sekaligus menenangkan kulit. Itulah kenapa bahan ini bagus untuk membantu mengatasi masalah kulit kering di tangan.

Kamu cuma perlu mengoleskan gel lidah budaya sesuai kebutuhan. Pijat perlahan, lalu biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air biasa.

Masker oatmeal

Oatmeal termasuk bahan alami yang bisa dipakai untuk membantu eksfoliasi atau menghilangkan sel kulit mati sekaligus melembapkan kulit.

Masukkan secangkir oatmeal giling ke dalam baskom berisi air hangat. Gunakan untuk merendam tangan hingga sekitar 20 menit.

Oatmeal. (Unsplash/Melissa Di Rocco)
Oatmeal. (Unsplash/Melissa Di Rocco)

Setelah itu, tepuk-tepuk kulit tangan secara perlahan hingga mengering. Tutup perawatan kulit alami ini dengan mengoleskan pelembap atau losion.

Minyak kelapa

Kaya vitamin dan nutrisi, minyak kelapa juga mempunyai sifat emolien efektif yang menjaga kelembapan kulit.

Caranya pun mudah. Ambil sedikit minyak kelapa di telapak tangan. Gosokkan minyak dengan kedua telapak tangan hingga terasa agak hangat. Setelah itu, gunakan untuk memijat tangan secara perlahan.

Kamu dapat membiarkannya begitu saja tanpa dibilas hingga minyak terserap ke kulit. Namun, jika terasa lengket, bisa juga dibersihkan setelah 15-20 menit.

Petroleum jelly

Bahan ini sangat populer dalam membantu menghidrasi kulit dan menciptakan lapisan pelindung pada kulit untuk mencegah hilangnya kelembapan dari kulit sehingga terlihat lebih lembut dan halus.

Oleskan saja ke kulit tangan, kemudian pijat secara perlahan. Setelahnya, jangan dibilas. Diamkan selama beberapa jam hingga meresap dan membuat kulit jadi terasa lembap.

Yogurt dan madu

Ilustrasi yogurt. (Shutterstock)
Ilustrasi yogurt. (Shutterstock)

Yogurt mengandung asam laktat yang baik untuk mengangkat sel kulit mati dari tanganmu. Di sisi lain, madu akan membantu menenangkan dan melembutkan kulit.

Perawatan kulit kering di tangan dengan dua bahan ini sangat mudah. Campurkan secangkir yogurt dengan satu sendok makan madu. Setelah itu, gosokkan ke tangan, lalu diamkan selama 15-20 menit. Jika sudah, bilas sampai bersih.

Terkait

Terkini