Sabtu, 31 Oktober 2020

Jangan Langsung Dibuang! Ini 5 Tips Memperbaiki Lipstik Patah

Pernah merasa sedih karena lipstik patah atau rusak? Simak tips berikut.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi noda bekas lipstik. (Pixabay/Miroslavik)
Ilustrasi noda bekas lipstik. (Pixabay/Miroslavik)

Dewiku.com - Apa kamu termasuk tipe orang yang gemar mengoleksi lipstik? Bagi perempuan, menggunakan lipstik adalah salah satu bagian penting dari penampilan. Mayoritas orang juga biasanya mempunyai lebih dari satu lipstik.

Walau begitu, kamu pasti pernah mengalami insiden lipstik patah atau rusak. Ketika hal ini terjadi, wajar jika kamu merasa ragu untuk langsung membuangnya.

Belum lagi, ada kalanya lipstik yang rusak merupakan lipstik favorit atau lipstik yang baru saja dibeli. Namun, jangan panik karena lipstik rusak masih dapat diperbaiki.

Melansir dari Allure, ada 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk memperbaiki lipstik patah atau rusak.

Ilustrasi Lipstik (Pixabay/moritz320)
Ilustrasi Lipstik (Pixabay/moritz320)

1. Lipstik putus di bagian tengah

Siapa pun pasti kesal kalau lipstik yang baru dibeli putus di tengah-tengah. Namun, jangan khawatir karena kamu masih dapat menyambungnya kembali.

Panaskan lipstik dengan api lighter biar meleleh. Sebisa mungkin, lelehkan bagian lipstik yang masih ada di dalam wadahnya.

Kemudian, tempelkan kembali bagian yang rusak dan rapikan bentuk lipstik. Masukkan ke dalam freezer selama beberapa menit supaya lipstik mengeras seperti semula.

2. Lipstik patah di bagian dasar

Ini merupakan jenis kerusakan yang paling mudah diperbaiki. Kalau lipstik patah di bagian dasar, keluarkan bagian patahan yang besar lebih dulu.

Lalu, bersihkan sisa lipstik yang ada di dasar wadah dengan penjepit kertas atau jeoit rambut bersih.

Masukkan lagi bagian patahan yang besar ke dalam wadah. Lipstikmu mungkin bakal lebih pendek, tapi masih bisa diselamatkan.

3. Lipstik patah di bagian atas

Ada saatnya, kerusakan lipstik terjadi di bagian atas. Hal ini membikin lipstik jadi kurang nyaman digunakan.

Singkirkan bagian yang rusak dengan tusuk gigi atau pinset, kemudian ratakan sisanya. Kalau kamu terlalu malas, kamu bisa membiarkannya saja dan menggunakan kuas lipstik untuk sementara waktu.

Ilustrasi Lipstik (Pixabay/lubovlisitsa)
Ilustrasi Lipstik (Pixabay/lubovlisitsa)

4. Lipstik rusak parah atau tak bisa disambung lagi

Kalau kerusakan sudah parah, keluarkan semua bagian lipstik dan siapkan wadah kecil. Setelah itu, lelehkan lipstik dengan meletakkannya pada sendok di atas lilin.

Tuangkan lipstik yang telah dilelehkan ini ke dalam wadah palet kecil, lalu bekukan di freezer sebelum digunakan kembali.

Ilustrasi Lipstik (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi Lipstik (Pixabay/StockSnap)

5. Lipstik tinggal sedikit

Terakhir, ada tips untuk lipstik yang tinggal tersisa sedikit tapi kamu belum rela membuangnya. Hancurkan lipstik di dalam wadahnya dengan menggunakan cotton buds. Setelah itu, kamu bisa kembali mengaplikasikan lipstik dengan memakai kuas.

Terkait

Terkini