Rabu, 30 September 2020

Benarkah Pakai Skincare Bikin Ketergantungan? Simak Penjelasan Berikut

Tak sedikit orang yang cemas kulitnya akan menjadi bermasalah jika lepas dari pemakaian skincare tertentu.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Perempuan menggunakan serum perawatan wajah. (Shutterstock)
Perempuan menggunakan serum perawatan wajah. (Shutterstock)

Dewiku.com - Pertanyaan ini mungkin kerap melintas di pikiranmu soal rutinitas skincare andalan. Benarkah penggunakan skincare bikin ketergantungan?

Produk perawatan wajah atau skincare memang telah menjadi bagian penting dalam upaya merawat kulit. Hanya saja, terkadang ada yang merasa kulitnya akan bermasalah kalau melupakan atau berhenti memakai skincare tertentu. Apakah ini yang disebut skincare bikin ketergantungan?

Dokter spesialis kulit dr. Erlina Pricila Sitorus Sp.DV menegaskan bahwa pemaikaian skincare tidak akan membuat ketergantungan.

"Nggak ada namanya ketergantungan, justru namanya merawat gitu, harus rutin, komitmen," ujar Erlina dalam siaran langsung Instagram Perdoski, Rabu (9/9/2020) kemarin.

Ia menjelaskan, kulit juga bagian organ tubuh yang memerlukan nutrisi dari darah. Sementara kualitas nutrisi itu ditentukan dari makanan yang dikonsumsi.

Menggunakan sheet mask untuk perawatan wajah. (Shutterstock)
Menggunakan sheet mask untuk perawatan wajah. (Shutterstock)

Selain dipengaruhi nutrisi, kulit juga memerlukan perawatan dari luar untuk membersihkan kotoran atau debu hingga mengangkat sel kulit mati. Hal itu karena debu dan sel kulit mati yang didiamkan bisa menyebabkan penuaan dini.

"Sehingga kalau lakukan perawatan akan ada target. Dalam arti, kita menjaga kulit agar lebih terlihat baik dengan menggunakan skincare," jelas dia.

Ia mengatakan, kulit akan selalu beregenerasi dengan memunculkan sel kulit baru. Kulit baru itu juga akan memerlukan perawatan supaya kondisinya tetap sehat.

"Namanya kulit akan muncul sel kulit baru. Tentunya kalau nggak dipakaikan skincare akan ada perubahan," tutur Erlina. (*Lilis Varwati)

Terkait

Terkini