Senin, 28 September 2020

Atasi Stres hingga Bau Kaki, Simak 5 Tips Merendam Kaki dengan Air Garam

Merendam kaki dengan larutan air garam Epsom dapat menjadi cara untuk menghilangkan penat.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi kaki. (Unsplash/Bille)
Ilustrasi kaki. (Unsplash/Bille)

Dewiku.com - Ada banyak cara simpel yang bisa dipraktekkan untuk melakukan perawatan tubuh di rumah. Salah satunya adalah mencoba merendam kaki dengan larutan air garam Epsom.

Garam Epsom atau garam Inggris memiliki berbagai macam manfaat baik bagi tubuh. Berbeda dengan garam biasa, garam Epsom tak bisa dipakai untuk memasak.

Merangkum dari laman Medical News Today dan Healthline, merendam kaki dalam larutan garam Epsom dapat memberikan berbagai manfaat. Salah satunya adalah menghilangkan bau kaki dan mengurangi stres.

Kadar magnesium dalam garap Epsom dapat memberikan berbagai manfaat seperti mengatasi infeksi jamur, eksfoliasi kulit, dan melembutkan kulit yang pecah-pecah.

Bagi Anda yang ingin mencoba merendam kaki dengan menggunakan air garam, simak beberapa tips perawatan kaki yang bisa diperhatikan berikut ini.

Ilustrasi Perawatan dengan Garam Epsom (Pexels/Polina)
Ilustrasi Perawatan dengan Garam Epsom (Pexels/Polina)

1. Gunakan air hangat

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, gunakan air hangat bersuhu sekitar 32 hingga 27 derajat Celcius.

Masukkan air hangat ke dalam baskom hingga setinggi mata kaki. Air hangat bisa membantu menghilangkan rasa pegal.

2. Pilih garam Epsom dengan hati-hati

Ketika membeli, pastikan kamu sudah memilih garam Epsom yang memang dikhususkan untuk merendam kaki dan aman bagi tubuh.

Garam Epsom yang aman biasanya telah dites untuk digunakan oleh manusia. Campurkan garam Epsom sebanyak 230-250 gram ke dalam air.

3. Jangan terlalu lama merendam kaki

Proses merendam kaki dalam larutan garam Epsom bisa dilakukan sekitar 20-30 menit lamanya. Lakukan hal ini sekitar 1 hingga 2 kali seminggu.

Walau bisa menghilangkan stres, hindari merendam kaki dalam larutan garam setiap hari. Ini dapat membuat kulitmu menjadi makin kering.

Ilustrasi Perawatan Kaki dengan Garam Epsom (Pixabay/onefox)
Ilustrasi Perawatan Kaki dengan Garam Epsom (Pixabay/onefox)

4. Jangan lupa menggunakan pelembap

Setelah merendam kaki, segera keringkan dan gunakan pelembab supaya kesehatan kulit tetap terjaga.

Merendam kaki dalam garam Epsom bukan sesuatu yang berbahaya. Namun, bagi Anda yang mempunyai kulit sangat kering, hati-hati untuk tidak terlalu sering melakukannya. Selain itu, perawatan ini juga tak cocok bagi penderita diabetes karena dapat meningkatkan risiko infeksi.

5. Jangan takut berkonsultasi dengan dokter

Merendam kaki dalam larutan garam bisa membantu menyembuhkan rasa pegal atau masalah ringan pada kaki. Namun, hati-hati kalau kamu mengalami masalah yang lebih parah.

Jika kakimu tetap terasa nyeri selama lebih dari sepekan, bengkak, punya luka yang tak kunjung sembuh, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter.

Terkait

Terkini