Rabu, 30 September 2020

Lawan Kebotakan, Ternyata Ini Manfaat Jus Jahe untuk Perawatan Rambut

Jus jahe dikatakan bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Jahe. (Pixabay/Kirsi Alastalo)
Jahe. (Pixabay/Kirsi Alastalo)

Dewiku.com - Ada berbagai bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan rambut. Rempah-rempahan seperti jahe pun dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut.

Melansir Boldsky, jus jahe dikatakan mengandung nutrisi penting yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Nutrisi apa saja yang dimaksud?

Jahe mengandung vitamin dan mineral seperti magnesium, kalium, dan fosfor. Semuanya mempunyai kemampuan untuk menyehatkan kulit kepala dan mendukung pertumbuhan rambut.

Itulah kenapa jahe menjadi salah satu ramuan tradisional yang dipakai untuk melawan masalah rambut rontok dan mencegah kebotakan.

Ilustrasi jahe - (Pixabay/Brett_Hondow)
Ilustrasi jahe - (Pixabay/Brett_Hondow)

Jus jahe juga termasuk agen anti-inflamasi dan antimikroba yang meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Kondisi itu bakal merangsang folikel rambut serta tentunya mempercepat pertumbuhan rambut.

Ketombe adalah salah satu penyebab utama masalah rambut rontok. Kulit kepala tidak sehat biasanya bakal menjadi tempat berkembangnya bakteri yang menyebabkan ketombe.

Jus jahe punya khasiat antijamur yang membantu menjaga kebersihan kulit kepala. Selain itu, ada penelitian yang membuktikan bahwa jahe efektif mengobati ketombe.

Jahe pun kaya asam lemak esensial seperti asam linelat yang menyehatkan kulit kepala dan tetap terhidrasi. Hal itu juga berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan rambut sehat.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan jus jahe untuk perawatan rambut? Salah satu cara paling simpel adalah menggunakan jus jahe tanpa campuran bahan lain.

Oleskan jus jahe ke kulit kepala dengan menggunakan kapas. Perlu diketahui, Anda cukup mengaplikasikannya di kulit kepala saja, jangan dioleskan ke rambut juga.

Diamkan selama sekitar 30 menit, lalu cuci bersih dengan sampo. Jangan lupa akhiri dengan kondisioner. Lakukan perawatan ini 3 kali sepekan untuk hasil optimal.

Sebagai catatan, jus jahe yang terlalu pekat mungkin bakal membuatmu merasakan sensasi kesemutan di kulit kepala. Jadi, ada baiknya Anda mengencerkannya dengan menambahkan air secukupnya.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik mencoba perawatan rambut dengan memanfaatkan khasiat jus jahe?

Terkait

Terkini