Minggu, 27 September 2020

Tips Mengatasi Kulit Terbakar Matahari, Bahan Rumahan Ini Bisa Jadi Solusi

Beberapa bahan rumahan bisa membantu mengatasi masalah kulit terbakar akibat paparan sinar matahari.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Tomat. (Unsplash/Rawpixel)
Tomat. (Unsplash/Rawpixel)

Dewiku.com - Anda mungkin termasuk orang yang gemar berjemur di bawah sinar matahari. Namun jika berlebihan dan tanpa perlindungan optimal, bukannya mendapat manfaat kesehatan, sengatan sinar matahari malah bikin kulit terbakar.

Berjemur tanpa kacamata hitam dan krim SPF bisa membuat kulit terbakar, apalagi jika Anda terpapar panas matahari dalam waktu lama.

Kalau Anda pernah mengalami kulit terbakar akibat panas sinar matahari, Anda bisa memanfaatkan lima bahan alami rumahan berikut ini untuk mengatasinya.

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa kerap disebut sebagai obat rumah yang baik untuk kulit terbakar matahari. Bahkan, ada sejumlah penelitian yang mendukung bahwa minyak kelapa benar-benar membantu meredakannya.

Ilustrasi minyak kelapa. (Unsplash/Matthijs Smit)
Ilustrasi minyak kelapa. (Unsplash/Matthijs Smit)

Dilansir dari Metro UK, kandungan lemak yang tinggi dalam minyak kelapa punya sifat pelembap dan bergizi yang dapat membantu mengurangi kekeringan dan gatal.

2. Mandi air dingin

Kulit terbakar akibat matahari biasanya terasa sedikit panas dan membuatnya hangat saat disentuh. Hal itu karena konsentrasi darah yang terlibat dalam proses penyembuhan.

"Saya sarankan untuk mandi atau berendam air dingin untuk mengurangi ketidaknyamanan. Anda mungkin ingin menggunakan air saja dan tak menggunakan produk pembersih tubuh berbusa karena dapat mengeringkan kulit," kata pendiri 001 Skincare, Ooi.

3. Tomat

Pakar kecantikan yang juga salah satu pendiri Raw Beauty Lab, Sonia Bainbridge, memiliki trik yang kurang umum terkait mengonsumsi sayuran.

Ia mengatakan, mengoleskan irisan tomat ke kulit yang terbakar matahari dapat memberikan keajaiban untuk mengurangi panas dan kemerahan akibat luka bakar.

Tomat mengandung antioksidan kuat. Itu adalah likopen yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV jika dikonsumsi. Antioksidan ini juga membantu mengurangi kemerahan setelah luka bakar.

4. Minyak lavender

Spesialis kulit dan ahli kecantikan medis, Bianca Estelle menjelaskan bahwa minyak esensial tertentu dapat membantu mengatasi luka pada kulit.

Tips Mengatasi Kulit Terbakar Matahari, Bahan Rumahan Ini Bisa Jadi Solusi - 2
Minyak Lavender. (Shutterstock)

"Lavender menawarkan sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan terkait dengan sengatan matahari dan membantu proses penyembuhan alami kulit," paparnya.

5. Air mawar

Dr Nitasha Buldeo, pendiri Apoteke Organik mengatakan air mawar bisa memberi efek menenangkan, menyembuhkan serta mendinginkan kulit tubuh dan kulit kepala yang terbakar.

Air mawar juga cukup efektif membantu menenangkan dan menyembuhkan kulit terbakar akibat sinar matahari dengan cara disemprotkan. (*Shevinna Putti Anggraeni)

Terkait

Terkini