Selasa, 22 September 2020

Malah Merusak Kulit, Kesalahan Fatal saat Perawatan Wajah di Rumah

Walau pakai bahan alami, perawatan wajah di rumah bisa jadi malah menimbulkan masalah kulit baru.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi perawatan kecantikan dengan masker wajah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)
Ilustrasi perawatan kecantikan dengan masker wajah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)

Dewiku.com - Selama pandemi ini, perawatan wajah di rumah dengan memakai berbagai bahan alami memang menarik untuk dicoba. Namun, kenapa hal itu malah menimbulkan masalah kulit baru di wajahmu?

Mencari rekomendasi cara membuat masker wajah dengan bahan alami bukan hal susah sekarang. Prakteknya pun biasanya sangat mudah karena cuma perlu mencampurkan beberapa bahan untuk diaplikasikan ke wajah.

Namun, kenapa kamu seperti tak merasakan manfaat apapun setelah melakukannya secara rutin? Padahal, berbagai bahan yang digunakan mengandung banyak nutrisi baik untuk kulit.

Kalau sedang tidak beruntung, perawatan wajah di rumah justru memicu masalah kulit baru atau membuat kondisinya menjadi lebih parah. Mengapa bisa demikian?

Melansir Boldsky, ada beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan orang-orang ketika melakukan perawatan alami secara mandiri.

Malah Merusak Kulit, Kesalahan Fatal saat Perawatan Wajah di Rumah - 1
Ilustrasi perawatan wajah dengan bahan alami. (Shutterstock)

1. Takaran bahan yang sembarangan

Masker wajah alami kerap terdiri dari beberapa bahan. Namun karena merasa semua yang alami tidak akan membahayakan kulit, kamu kadang tak memerhatikan aturan rasio penggunaannya.

Kamu mungkin menggunakan bahan tertentu dalam jumlah lebih banyak atau malah sebaliknya. Nyatanya, hal tersebut dapat memengaruhi kinerja masker wajah alami buatanmu.

2. Tidak mempertimbangkan jenis kulit masing-masing

Kamu dapat menemukan banyak solusi alternatif untuk setiap masalah kulit di internet. Namun, perbedaan jenis kulit tak bisa diabaikan begitu saja.

Ada bahan-bahan tertentu yang tak cocok untuk semua jenis kulit. Misalnya, air lemon baik memang baik untuk perawatan kulit tapi sebenarnya juga rawan menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Bagaimana pun, kamu mesti memilih bahan yang lebih aman, kan?

3. Bahannya sudah tidak segar

Menggunakan bahan-bahan yang masih segar sangat direkomendasikan untuk perawatan wajah alami. Apapun kondisinya, Jangan pernah gunakan bahan yang sudah tak segar, apalagi kedaluwarsa.

Misalnya, kenapa harus menggunakan buah-buahan yang mulai membusuk? Meskipun bagian yang busuk sudah berusaha disingkirkan, itu tetap bukan pilihan.

Kalau ingin merawat kulit supaya menjadi lebih sehat, gunakan bahan-bahan terbaik yang ada. Oke?

Waspada efek samping sari cuka apel. (Shutterstock)
Sari cuka apel. (Shutterstock)

4. Menggunakan bahan yang terlalu pekat

Kamu harus hati-hati dalam menggunakan minyak esensial, cuka sari apel, atau air lemon. Itu adalah beberapa bahan yang harus diencerkan sebelum diaplikasikan pada kulit.

Jika sembarangan, menggunakan bahan dengan konsentrasi terlalu pekat malah bisa membahayakan kulit. Jadi, pastikan kamu mengencerkannya dengan menambahkan beberapa bahan lain sesuai takaran.

Terkait

Terkini