Selasa, 04 Agustus 2020

Tingkatkan Produksi Kolagen, 4 Manfaat Blueberry untuk Kecantikan Kulit

Berikut beberapa manfaat blueberry bagi kesehatan kulit.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Buah blueberry. (Pixabay/LC-click)
Buah blueberry. (Pixabay/LC-click)

Dewiku.com - Buah blueberry mengandung berbagai nutrisi yang tak cuma bermanfaat bagi kesehatan tubuh tapi juga kecantikan kulit. Nah, memangnya apa saja manfaat blueberry untuk perawatan kulit?

Melansir dari Healthline, berikut empat manfaat blueberry untuk kesehatan kulit:

1. Melawan penuaan dini

Paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari atau tanning bed, asap rokok, polusi, dan diet yang buruk bisa berdampak meningkatkan produksi radikal bebas di kulit. Saat ada lebih banyak radikal bebas ketimbang antioksidan, sel-sel kulit mulai melemah dan menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Buah blueberry. (Pixabay/congerdesign)
Buah blueberry. (Pixabay/congerdesign)

Blueberry kaya akan kanduangan antioksidan, yakni senyawa alami untuk membantu melawan radikal bebas yang merusak sel.

Makanan tinggi antioksidan kerap dikaitkan dengan khasiat mengurangi  tanda-tanda penuaan dan meningkatkan kualitas kesehatan kulit.

2. Meningkatkan sirkulasi

Diet tinggi blueberry dikaitkan dengan kesehatan jantung dan sirkulasi darah yang lebih baik. Konsumsi buah ini juga penting untuk kesehatan kulit.

Jantung memompa darah ke seluruh tubuh untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel. Kulit yang terpapar ke lingkungan luar biasanya melibatkan sinar UV, polusi, luka, dan memar ini membutuhkan nutrisi dan oksigen untuk menyembuhkan serta memperbaiki sel kulit yang rusak.

Makan 1 cangkir (148 gram) blueberry per hari bisa membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengirim nutrisi dan oksigen ke kulit serta sel-sel lain. Efeknya, pergantian sel menjadi lebih cepat dan efisien sehingga membuat kulit lebih sehat. 

Ilustrasi blueberry. (Shutterstock)
Ilustrasi blueberry. (Shutterstock)

3. Meningkatkan kolagen

Manfaat blueberry lainnya adalah meningkatkan produksi kolagen. Buah ini juga kaya akan antosianin yang mendukung sintesis kolagen.

Dalam beberapa studi sampel kulit, pemberian anthocyanin ke kulit mengurangi kerusakan kolagen dan meningkatkan produksi kolagen secara keseluruhan. 

Perlu diketahui juga, 1 cangkir (148 gram) blueberry menyediakan 16 persen hingga 19 persen kebutuhan vitamin C harian.  Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen untuk kulit yang kuat dan sehat. Ini juga bertindak sebagai antioksidan alami untuk melindungi kolagen kulit dari kerusakan.

4. Mendukung penyembuhan luka

Kalau Anda mendapatkan luka, luka bakar ringan atau luka ringan apapun, makan blueberry bisa membantu menyembuhkannya.

Blueberry kaya vitamin C dan K. Keduanya penting dalam proses penyembuhan luka. Satu cangkir (148 gram) blueberry masing-masing menyediakan setidaknya 16 persen vitamin C dan 24 persen vitamin K. 

Kulit yang rusak mengalami peradangan akut dan stres oksidatif, yaitu saat radikal bebas lebih banyak daripada antioksidan. Kandungan antioksidan yang tinggi dari blueberry bisa membantu melawan radikal bebas serta berpotensi membantu mempercepat proses penyembuhan.

Itulah beberapa manfaat blueberry bagi kesehatan kulit. Bagaimana? Apakah sudah siap memasukkan buah ini dalam menu sehat Anda? (*Fita Nofiana)

Terkait

Terkini