Sabtu, 15 Agustus 2020

Masih Galau Memilih Pelembap untuk Kulit Berjerawat? Simak Kata Ahli

Memilih produk pelembap yang tepat untuk kulit berjerawat memang butuh ketelatenan.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)
Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)

Dewiku.com - Bicara tentang masalah kulit berjerawat, tentu saja kita tak dapat sembarangan memilih produk perawatan kecantikan. Hal itu juga berlaku ketika ingin membeli pelembap dan tabir surya.

Dilansir dari Bustle, para ahli dermatologi setuju bahwa penting bagi pemilik kulit berjerawat untuk menemukan produk pelembap yang tepat. Begitu pula terkait perlindungan kulit dari efek buruk paparan sinar matahari.

Selama ini, orang-orang mungkin sudah mencoba beragam produk pembersih, toner, dan serum untuk mengobati jerawat. Kalau tidak dibarengi dengan pelembap yang menenangkan dan melembapkan, kulit bisa saja malah menjadi kering dan lebih mudah mengalami iritasi.

Konsultan Dermatolog yang berbasis di London, Dr. Justine Hextall mengatakan, dibutuhkan perhatian khusus untuk menentukan rutinitas perawatan kulit yang lembut tapi tetap efektif mengatasi jerawat. Menurutnya, menggunakan pelembap tetap termasuk langkah yang sangat penting.

Masih Galau Memilih Pelembap untuk Kulit Berjerawat? Simak Kata Ahli - 1
Ilustrasi perawatan wajah dengan menggunakan pelembap. (Shutterstock)

Kebanyakan orang mungkin masih sengaja menghindari pelembap karena tak ingin wajah terlihat semakin berminyak. Pasalnya, wajah berminyak kerap dikaitkan dengan masalah jerawat. Namun, kuncinya adalah berupaya memilih produk yang tepat.

"Kalau Anda punya jerawat, Anda mencari pelembap yang bisa menenangkan dan melembabkan kulit tanpa menjadi komedogenik," kata Dr Hextall. "Jerawat adalah kondisi kulit yang meradang, seringkali terasa sakit dan teriritasi, penting untuk mencoba dan menenangkan peradangan ini."

Dia merekomendasikan untuk menghindari minyak kelapa dan pelembap berbasis petroleum. Selain itu, ada beberapa bahan utama yang perlu diperhatikan ketika memilih pelembap untuk kulit berjerawat, di antaranya:

 

Perempuan menggunakan sunscreen. (Shutterstock)
Perempuan menggunakan sunscreen. (Shutterstock)

Penggunaan tabir surya juga tidak boleh diabaikan begitu saja. Perlindungan terhadap sinar matahari adalah hal wajib, baik bagi kulit berjerawat maupun tidak. Hindari bahan-bahan seperti retinol karena bakal membikin kulit lebih rentan terhadap pigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari.

"Saya selalu merekomendasikan untuk menggunakan pelembab terlebih dahulu, biarkan meresap dan lalu mengaplikasikan SPF tinggi yang efektif," ucap Dr. Hextall.

Terkait

Terkini