Sabtu, 15 Agustus 2020

Jangan Malas Menjaga Kebersihan! 11 Kebiasaan Ini Bikin Kulit Lebih Cerah

Jangan malas menjaga kebersihan demi kulit yang lebih sehat.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Menggunakan sheet mask untuk perawatan wajah. (Shutterstock)
Menggunakan sheet mask untuk perawatan wajah. (Shutterstock)

Dewiku.com - Menjaga kebersihan jelas memegang peranan penting dalam rutinitas perawatan kulit. Beberapa kebiasaan yang dianggap sepele sebenarnya sangat bermanfaat untuk kulit yang lebih cerah.

Merangkum Boldsky, berikut 11 kebiasaan baik yang bermanfaat untuk perawatan kecantikan.

1. Cuci tangan sebelum menyentuh wajah

Menyentuh wajah dengan tangan kotor mengundang kuman dan bakteri, termasuk menyebabkan jerawat. Jadi, pastikan tanganmu bersih. Selalu cuci tangan sebelum menyentuh wajah, baik ketika melakukan perawatan kulit, makeup, dan lainnya.

Cuci tangan pakai sabun untuk mencegah virus corona covid-19. (Shutterstock)
Cuci tangan pakai sabun. (Shutterstock)

2. Mengganti spons mandi setiap beberapa bulan

Spons mandi, baik loofah maupun shower puff memang efektif membantu membersihkan kotoran dan sel kulit mati saat mandi. Namun, jika kamu terus menggunakan spons yang sama, itu bisa membuat kulitmu infeksi dan iritasi.

3. Membersihkan alat makeup secara teratur

Alat makeup seperti spons dan kuas sangat cepat kotor dan terkontaminasi. Kalau kamu malas membersihkannya dan terus-menerus memakainya untuk berdandan, hasilnya adalah jerawat.

4. Hapus makeup di malam hari

Sebelum tidur, tentu saja kamu mesti membersihkan wajah terlebih dahulu. Jika langsung tidur, makeup yang masih menempel bakal menghalangi pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

5. Jaga kebersihan seprai

Kebiasaan menjaga kebersihan yang dapat membuat kulit lebih cerah berikutnya adalah mengganti seprai secara teratur. Seprai merupakan salah satu tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri sehingga bisa memicu berbagai masalah kulit.

Ilustrasi membereskan tempat tidur di pagi hari. (Shutterstock)
Ilustrasi membereskan tempat tidur di pagi hari. (Shutterstock)

6. Jangan pernah berbagi barang pribadi

Jangan pernah berbagi barang perawatan pribadi dengan orang lain, seperti handuk, sabun, pisau cukur, sisir, kuas makeup, dan lainnya. Kebiasaan itu bisa menyebarkan berbagai penyakit, termasuk mengundang masalah kulit.

7. Jangan pencet jerawat

Hal seperti itu bakal menyebabkan iritasi dan meninggalkan bekas jerawat. Jadi, jangan pernah sembarangan memencet jerawat, terlebih dengan tangan kotor.

8. Batasi intensitas mencuci wajah

Keseringan mencuci muka akan mengikis kelembapan wajah. Sebaliknya, kulit justru memproduksi lebih banyak minyak dan rawan berjerawat. Sebaiknya, untuk kulit lebih cerah, batasi intensitas mencuci wajah hingga 2-3 kali sehari saja.

Ilustrasi mencuci wajah, perawatan wajah, membersihkan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi mencuci wajah (Shutterstock)

9. Gunakan pembersih wajah yang lebih lembut dari sabun

Sabun mempunyai pH 8-9, lebih tinggi dibanding pH kulit yang hanya 4-5. Jadi, menggunakan sabun untuk membersihkan wajah dapat mengganggu pH kulit sehingga bisa saja malah jadi tampak kusam.

10. Jangan mandi air panas

Air panas bakal mengganggu kelembapan kulit, menjadikannya kering dan menyebabkan produksi minyak berlebihan sehingga berjerawat. Mandi air hangat saja tapi tetap jangan terlalu panas.

11. Waspadai reaksi alergi

Perhatikan seperti apa kulit bereaksi terhadap produk baru yang kamu masukkan dalam rutinitas perawatan kulit. Hindari bahan-bahan tertentu yang rupanya menyebabkan kondisi kulitmu memburuk. Proses ini memang membutuhkan ketelatenan tapi akan sangat bermanfaat.

Terkait

Terkini