Kamis, 26 November 2020

Tak Hanya Melembutkan, Ini Manfaat Pakai Kondisioner saat Keramas

Langkah penting ini sebaiknya tidak kamu abaikan saat keramas.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi keramas saat mandi. (Shutterstock)
Ilustrasi keramas saat mandi. (Shutterstock)

Dewiku.com - Memakai kondisioner juga termasuk langkah penting yang harus dilakukan saat keramas. Sayangnya, banyak dari kita yang kadang lupa menggunakan kondisioner.

Pemakaian kondisioner diyakini dapat melembutkan rambut. Tidak cuma itu, ada beberapa jenis kondisioner yang menawarkan berbagai manfaat berbeda lainnya.

Selain melembutkan, tahukah Anda bahwa kondisioner mempunyai manfaat penting agar rambut sehat?

Dilansir laman Allure, pemakaian kondisioner rupanya bisa membantu menghilangkan rasa kering setelah memakai sampo.

Ketika kita keramas, bahan-bahan yang ada di dalam sampo ternyata bisa menghilangkan kelembapan rambut dan membuatnya menjadi lebih kering.

Ilustrasi keramas, mandi. (Shutterstock)
Ilustrasi keramas, mandi. (Shutterstock)

Selain itu, kondisioner rupanya penting untuk membantu rambut kita dapat tumbuh dengan sehat.

Menurut dermatologis Adam Friedman, pemakaian kondisioner bisa melindungi kutikula sehingga rambut dapat tumbuh dengan sehat dan tidak mudah patah.

"Saat rambut terekspos pada dunia luar, kutikula rambut atau lapisan luarnya mengalami kerusakan hingga patah, kondisioner berguna untuk menyembuhkan luka ini dan melindungi rambut," ungkap dia.

Kondisioner juga membuat rambut lebih bercahaya, tak mudah kusut, dan tidak bercabang. Itulah mengapa penting untuk memakai kondisioner setelah sampo dibilas.

Ilustrasi rambut basah setelah keramas di malam hari. (Shutterstock)
Ilustrasi menyisir rambut. (Shutterstock)

Kondisioner sendiri sebaiknya dipakai secara merata. Setelah diaplikasikan, disarankan untuk memeras air yang tersisa di rambut. Hal ini agar manfaat kondisioner bisa terserap sepenuhnya dan tidak tercampur dengan air.

Kondisioner juga sebaiknya didiamkan selama dua menit sebelum dibilas. Ingatlah untuk membilas kondisioner secara menyeluruh karena beberapa orang bisa mengalami jerawat hingga alergi akibat kondisioner.

Sementara untuk jenis kondisioner, pakar menyebutkan bahwa mayoritas kondisioner mempunyai formula yang tidak jauh berbeda antara satu dengan yang lain.

Namun, kalau kamu sudah merasa nyaman dengan satu merek kondisioner tertentu, tak masalah untuk tetap menggunakannya alih-alih mencoba kondisioner lain.

Terkait

Terkini