Kamis, 16 Juli 2020

Bikin Iritasi, Hindari 6 Kesalahan Menghapus Riasan Mata Berikut Ini

Bagaimana cara kamu biasanya menghapus riasan mata selama ini?

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi perempuan membersihkan makeup. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan membersihkan makeup. (Shutterstock)

Dewiku.com - Riasan mata termasuk kompleks karena terdiri dari beberapa lapis, seperti eyeshadow, eyeliner, hingga maskara. Oleh karena itu, menghapus riasan mata sebaiknya juga tak kamu lakukan dengan buru-buru.

Mata dan kulit sekitarnya merupakan bagian sensitif sehingga butuh perlakukan khusus. Kamu tak mau terjadi iritasi, kan?

Melansir Boldsky, ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan ketika menghapus riasan mata. Lebih baik hindari hal tersebut dalam rutinitas perawatan kulit harianmu.

1. Terlalu kasar saat membersihkannya

Kulit di sekitar mata sangat rentan dan sensitif. Kalau menggosoknya terlalu keras, itu bukan cuma bisa merusak lapisan kulit tapi juga mencabut bulu matamu.

Lakukan secara lembut. Jika riasannya tak mudah hilang, mungkin kamu perlu mengganti produk makeup remover.

Ilustrasi Membersihkan Wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi Membersihkan Wajah. (Shutterstock)

2. Menggunakan pembersih wajah

Mencuci wajah tidak sama dengan menghapus makeup. Jadi, pada dasarnya itu belum sempurna untuk membersihkan makeup mata. Lebih baik tetap menggunakan produk makeup remover yang khusus dibuat untuk mata agar hasilnya lebih optimal.

3. Kesalahan dalam memilih produk penghapus makeup

Banyak makeup remover beredar di pasaran. Sayangnya, beberapa di antaranya mungkin saja mengandung bahan yang bisa berbahaya untuk mata.

Jadi, lebih baik pilihlah dengan bijak produk yang aman digunakan untuk kulit sensitif pada bagian mata.

4. Menggunakan metode scrubbing

Waterproof makeup memang sangat membantu untuk tampil memesona sepanjang hati. Namun, riasan tahan air, terutama bagian mata, biasanya juga sangat sulit untuk dibersihkan. Jadi, beberapa orang mungkin pernah melakukan scrubbing pada mata.

Namun, perlu diingat bahwa kulit di sekitar mata sangat tipis. Menggosoknya dengan sesuatu yang kasar dapat menimbulkan iritasi dan bakal butuh waktu lama untuk menyembuhkannya.

Ilustrasi toner untuk membersihkan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi toner untuk membersihkan wajah. (Shutterstock)

5. Buru-buru ketika membersihkan makeup

Bicara soal waterproof makeup, cara terbaik untuk menghapusnya adalah memberikan waktu kepada produk makeup remover supaya dapat meresap dan melunakkan riasan yang menempel.

Jadi ketika menghapus riasan mata, utamanya maskara, cobalah tempel kapas yang sudah diberi makeup remover di atas mata selama beberapa detik sebelum membersihkannya.

6. Melupakan rutinitas makeup lainnya

Menghapus makeup sebelum tidur memang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, kamu juga tetap masih harus melanjutkannya dengan rutinitas perawatan kulit di malam hari lainnya.

Sisa-sisa produk makeup remover yang tertinggal di kulit wajah juga mesti dibersihkan. Jika tidak, itu akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan kerusakan kulit. Jadi, jangan lupa untuk mencuci wajah hingga bersih sebelum tidur, ya!

Terkait

Terkini