Selasa, 11 Agustus 2020

Ada di Dapur Rumahmu! Inilah 8 Bahan Alami Perawatan Kulit Glowing

Perawatan kulit bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami di rumah.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Mentimun. (Unsplash/Nathalia Rhea)
Mentimun. (Unsplash/Nathalia Rhea)

Dewiku.com - Persediaan produk skincare habis tapi ragu keluar rumah untuk membeli yang baru? Atau, ada tuntutan berhemat untuk menekan pengeluaran? Mencoba perawatan kulit dengan bahan alami di rumah mungkin dapat menjadi solusi.

Bukan rahasia lagi kalau beberapa bahan alami yang biasanya tersedia di dapur rumah tangga bisa dipakai untuk perawatan kecantikan. Cara memanfaatkannya juga terbilang mudah.

Dirangkum dari Boldsky, berikut 8 bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan kulit glowing di rumah.

Ada di Dapur Rumahmu! Inilah 8 Bahan Alami Perawatan Kulit Glowing - 1
Pasta tomat. (Shutterstock)

1. Tomat

Tomat dikenal efektif membantu mencerahkan kulit. Kandungan antioksidan tomat juga bermanfaat melawan radikal bebas sehingga membantu mencegah penuaan dini.

Bagaimana cara memanfaatkan tomat untuk perawatan wajah? Pertama, potong tomat menjadi dua bagian, kemudian gosokkan pada seluruh wajah. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas sampai bersih.

Kedua, campurkan pasta tomat dengan 1 sendok teh yogurt dan madu, kemudian gunakan sebagai masker wajah. Biarkan selama 20 menit hingga kering, kemudian bilas sampai bersih.

2. Buah-buahan

Pada dasarnya, buah-buahan merupakan sumber makanan yang baik untuk kulit. Hal itu berkat kandungan vitamin C yang merupakan agen alami peremajaan kulit, termasuk membantu mengatasi masalah pigmentasi.

Nah, ketika kamu memotong buah untuk dimakan di rumah, simpan beberapa irisan tipis dalam freezer hingga sekitar 2 jam. Setelahnya, gosokkan buah-buahan beku itu di wajahmu dan diamkan selama 10-15 menit.

Ada di Dapur Rumahmu! Inilah 8 Bahan Alami Perawatan Kulit Glowing - 2
Ilustrasi kunyit. (Shutterstock)

3. Kunyit

Kunyit juga memiliki manfaat baik untuk perawatan kulit, termasuk mencerahkan wajah. Kunyit bisa membantu menenangkan kulit yang meradang serta meningkatkan produksi kolagen.

Campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit dengan masing-masing sesendok dadih atau air susu yang dikentalkan dan madu. Aduk semua bahan, kemudian jadikan masker wajah. Aplikasikan di wajah dan tunggu hingga mengering, lalu bilas dengan air dingin.

4. Lemon

Lemon memang sudah cukup terkenal bermanfaat mencerahkan kulit. Tidak heran kalau banyak produk skincare yang memasukkan bahan alami ini dalam komposisinya.

Terkait

Terkini