Rabu, 28 Oktober 2020

Noda Bekas Jerawat Suka Membandel, Dokter Kulit Bocorkan Solusinya

Lagi kebingungan menghilangkan noda bekas jerawat?

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Dewiku.com - Siapa orang tentu ingin punya kulit mulus tanpa noda apapun. Namun, terkadang noda-noda hitam bekas jerawat justru begitu membandel dan sulit dihilangkan dari wajah.

Menurut dr. Kardiana Purnama, Sp.KK, noda hitam bekas jerawat sulit dihilangkan karena telah bekas jerawat itu telah terkontaminasi dengan kotoran lainnya sehingga mengendap.

Meski demikian, Kardiana memberikan harapan bahwa bekas jerawat masih bisa dihilangkan.

"Warna gelap bekas jerawat bisa dihilangkan tapi butuh proses panjang. Kombinasi krim tentu," katanya dalam siaran langsung melalui akun Instagram, Jumat (17/4/2020) pekan kemarin.

Penggunaan krim atau skincare tertentu bisa saja menyamarkan bekas jerawat. Namun, Kardiana menyebut ada cara lain yang sebenarnya bisa lebih cepat.

"Kalau digunakan laser akan lebih cepat dan lebih baik. Kalau hanya dengan krim biasanya akan sulit. Karena pigmennya sudah terbentuk dan terendap lama. Jadi kalau hanya dengan krim gak nyampe," tutur dia.

Ilustrasi jerawat saat menstruasi. (Shutterstock)
Ilustrasi jerawat saat menstruasi. (Shutterstock)

Krim yang mengandung niacinamide, menurut Kardiana, cocok untuk kulit berjerawat. Sebab selain mengobati jerawat, juga bisa memberikan efek mencerahkan. Walaupun, terdapat efek samping berupa produksi minyak wajah jadi berlebih.

"Niacinamide cukup favorit buat yang berjerawat. Dia teksturnya gel," ucap dia.

Selain itu, guna mencerahkan kulit, Kardiana mengatakan bahwa wajah memang membutuhkan vitamin C.
Fungsinya untuk menghambat salah satu enzim yang membuat kulit menggelap akibat paparan sinar matahari.

"Kalau terlalu lama terpapar kan bisa hitam, dengan adanya vitamin C menghambat kerja enzim itu," kata dia menerangkan. (*Lilis Varwati)

Terkait

Terkini