Kamis, 06 Agustus 2020

Jangan Sembarangan! Berikut Cara Memilih Tabir Surya Sesuai Jenis Kulit

Tentu saja penting untuk memilih tabir surya yang tepat sesuai jenis kulit.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Melindungi kulit dengan tabir surya. (Shutterstock)
Melindungi kulit dengan tabir surya. (Shutterstock)

Dewiku.com - Tabir surya atau sunscreen termasuk produk perawatan kulit yang penting untuk digunakan setiap hari. Oleh karena itu, memilih tabir surya yang tepat sesuai jenis kulit jelas sama pentingnya demi mendapatkan manfaat optimal.

Perlu diketahui, ada dua jenis tabir surya yang beredar, yakni physical blocker dan chemical blocker. Perbedaannya ada pada kandungan dan cara kerjanya.

Dipaparkan oleh spesialis kulit dan kelamin dr Umi Rinasari, MARS, SpKK, FINSDV dari RSPI Bintaro Jaya, tabir surya jenis physical blocker punya kandungan zync oxide dan titanium dioxide, sedangkan chemical blocker mengandung bahan kimia, utamanya adalah oxybenzone.

Cara kerja tabir surya jenis physical blocker adalah menghalangi atau memantulkan sinar ultraviolet lalu menyebarkannya. Tabir surya jenis ini bekerja bagai dinding penghalang kulit dari sinar ultraviolet dari matahari.

Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)
Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)

Sedangkan jenis chemical blocker, bahan kimia yang terkandung di dalamnya bakal menyerap sinar ultraviolet, kemudian akan memecahkannya jadi panas yang lebih kecil.

Lalu, mana yang lebih bagus untuk kulit?

"Tergantung jenis kulitnya," kata dr. Umi, sapaannya, dalam Live IG bersama dr. Danar Wicaksono, dokter residen di FKKMK UGM seperti dilihat Suara.com, Minggu (12/4/2020) kemarin.

Bagi kulit sensitif, disarankan untuk menggunakan tabir surya yang tidak mengandung bahan kimia. Jadi, lebih baik menggunakan yang physical blocker.

Hal ini mempertimbangkan bagaimana bahan kimia di dalam tabir surya chemical blocker bisa menimbulkan reaksi iritasi dan alergi, lanjut dr. Umi.

Ilustrasi perempuan berpemikiran bebas dan terbuka. (Unsplash/Pietra Schwarzler)
Ilustrasi perempuan melindungi kulitnya. (Unsplash/Pietra Schwarzler)

Pemilik wajah berjerawat juga disarankan menggunakan tabir surya physical blocker dan non-comedogenic agar tidak menimbulkan komedo. Wajah juga bisa menjadi rentan berjerawat karena pemilihan tabir surya dengan kandungan yang tidak tepat.

Selain itu, pilihlah tekstur yang ringan dan encer, misal gel atau spray, untuk wajah yang berjerawat. Hindari dalam bentuk losion dan krim karena dapat menutupi pori-pori sehingga berpotensi mengakibatkan sumbatan yang menimbulkan jerawat.

"Untuk kulit kering, pilih yang dalam bentuk krim atau losion. Mungkin ada yang coba-coba pakai sunscreen terus wajahnya memerah, atau gatal, berarti kandungan sunscreennya tidak tepat," tandas dia. (*Frieda Isyana Putri)

Terkait

Terkini