Selasa, 11 Agustus 2020

Sambil Cegah Corona, Social Distancing Ternyata Baik untuk Kulit dan Rambut

Social distancing punya manfaat positif ini untuk rambut dan kulitmu.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi perempuan seksi. (Pixabay/Fernando Gimenez)
Ilustrasi perempuan seksi. (Pixabay/Fernando Gimenez)

Dewiku.com - Selama beberapa pekan terakhir, orang-orang di berbagai negara telah menerapkan baik social distancing maupun physical distancing demi  mencengah penyebaran Covid-19.

Walau ada yang mulai mengeluh bosan, nyatanya social distancing punya dampak positif. Tak cuma mencegah penyebaran virus corona, social distancing rupanya juga berdampak baik bagi kulit dan rambut.

Hal ini diungkapkan oleh beberapa orang lewat sosial media mereka. Dihimpun dari laman Today, banyak yang mengaku kalau kebijakan social distancing termasuk work from home (WFH) membuat kulit mereka makin sehat.

Salah satu penyebab utamanya adalah penggunaan makeup yang otomatis berkurang. Karena WFH, banyak orang pun mulai menanggalkan makeup dan membiarkan kulit beristirahat.

Selain itu, adanya social distancing membuat orang-orang yang terjebak di rumah mencari kegiatan baru. Bersih-bersih dan merawat diri merupakan contohnya.

Ilustrasi perawatan kulit wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan kulit wajah. (Shutterstock)

"Ini adalah waktu yang tepat untuk melihat produk yang Anda miliki di rumah, membuat produk yang sudah lama, berbau tidak enak, dan kering," ungkap dr Doris Day, ahli dermatologis asal New York.

"Ini juga waktu yang tepat untuk belajar perawatan kulit dan rambut."

Beberapa tips yang bisa dilakukan supaya kulit sehat adalah tetap rajin mencuci muka meski berada di rumah.

Usahakan pula untuk tidur cukup dan berolahraga. Perawatan kulit lainnya juga bisa dilakukan, namun kali ini minus penggunaan makeup untuk pergi ke luar rumah.

Rambut panjang. (Shutterstock)
Rambut panjang. (Shutterstock)

Selain kulit, kesehatan rambut juga mendapat keuntungan dari social distancing. Selama berada di rumah, kebiasaan untuk mengeringkan hingga mencatok rambut bisa dikurangi.

"Gunakan kesempatan ini untuk mengeringkan rambutmu secara natural," kata Anabel Kingsley, seorang ahli perawatan rambut.

Layaknya kulit, kelembaban rambut juga harus dijaga agar rambut sehat. Sebagai gantinya, cobalah untuk menggunakan alternatif seperti rol atau kepang untuk menata rambut.

Terakhir, berkurangnya paparan sinar matahari terhadap rambut dan kulit juga diketahui dapat mengurangi kerusakan.

Oleh karenanya, terlepas dari rasa bosan karena di rumah saja, gunakanlah waktu ini untuk lebih merawat diri dan membiarkan rambut serta kulit beristirahat.

Terkait

Terkini