Minggu, 07 Juni 2020

Cegah Penularan Covid-19, Perhatikan Kebersihan Kuku Panjangmu Juga

Kuku panjang bisa menampung kuman, bakteri, dan bahkan virus.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi perawatan kuku. (Pixabay/free stock photos from www.picjumbo.com)
Ilustrasi perawatan kuku. (Pixabay/free stock photos from www.picjumbo.com)

Dewiku.com - Sejak mewabahnya virus corona atau Covid-19 di lebih dari 130 negara di dunia, masyarakat dianjurkan lebih rutin dan teliti mencuci tangan. Cara itu diyakini dapat mencegah penularan virus yang bisa menginfeksi lewat kontak langsung.

Namun, bagaimana dengan kuku kita? Dilansir dari Metro.co.uk, seorang perawat telah memperingatkan bahwa kuku panjang bisa menjadi salah satu penyebab virus corona cepat tersebut. Ini karena kuku panjang dapat menampung kuman, bakteri, dan bahkan virus di bawahnya.

Petugas kesehatan Australia menulis cara terbaik menghindarinya ialah menjaga kuku tetap pendek. Untuk menguji apakah kuku kamu cukup pendek, kamu dapat menekan ujung jari hingga menyentuh kulit.

Jika bisa merasakan kuku tetapi bukan daging jari, kuku itu terlalu panjang sehingga perlu segera dipotong.

Alat potong kuku. (Pixabay/Brett Hondow)
Alat potong kuku. (Pixabay/Brett Hondow)

"Di antara semua instruksi mencuci tangan dan saran lagu yang menyenangkan selama 20 detik, saya belum melihat ada yang memperhatikan bahwa mencuci tangan Anda dengan benar jika kuku Anda panjang," ujarnya dalam akun faccebook.

Hal itu juga bisa semakin parah kalau kamu mempunyai kebiasaan mengigit kuku secara teratur. Banyak dari kita telah menggunakan sanitiser tangan sekarang tapi perawat memperingatkan bahwa ini saja tidak akan berhasil untuk kuku panjang.

Jika punya kuku panjang atau kuku palsu pada saat ini, hal terbaik adalah memotong atau melepasnya karena tidak mungkin kamu menggunakan sikat kuku setiap kali mencuci tangan.

Ilustrasi kuku sehat. (Unsplash/Roman Kraft)
Ilustrasi kuku sehat. (Unsplash/Roman Kraft)

"Kalau Anda tak bisa menggosok ujung jari Anda pada telapak tangan yang lain, maka tangan Anda tidak benar-benar bersih setelah Anda mencucinya, tak peduli berapa lama Anda menyabuni. Tolong, selama keadaan darurat global ini, jaga agar kuku Anda pendek," ujarnya menambahkan.

Banyak orang lalu menanggapi dan mengatakan bahwa menjaga kuku adalah praktik standar bagi para profesional medis yang ada di sekitar bakteri lebih dari yang lain.

Para pengguna Facebook juga membagikan tips lain yang mengatakan bahwa ada kuman di cat kuku juga dan menyarankan semua orang untuk menjaga kuku mereka tetap pendek dan bersih. (*Bimo Aria Fundrika)

Terkait

Terkini