Jum'at, 29 Mei 2020

Ada Sosok Wanita Asia di Balik Kesuksesan NYX Cosmetics, Siapa Dia?

Bukan hal yang mudah untuk membangun sebuah brand makeup yang berhasil.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi
cloud_download Baca offline
Tony Ko. (Instagram/@tonikokoko)
Tony Ko. (Instagram/@tonikokoko)

Dewiku.com - NYX Cosmetics termasuk brand kosmetik yang terkenal saat ini. Siapa sangka, jika di balik kesuksesan brand makeup tersebut, ada sosok wanita Asia yang inspiratif.

Dilansir dari Forbes, wanita itu bernama Tony Ko. Ia merupakan founder NYX Cosmetics dan sukses mewujudkan 'American Dream'.

Tony adalah seorang imigran dari Korea dan mulai membangun brand makeup tersebut di usia 25 tahun. Usaha tak pernah mengkhianati hasil, ia menjadi seorang wanita sukses dengan upayanya sendiri.

Wanita ini dan keluarganya memutuskan bermigrasi dari Daegu, Korea Selatan ke Los Angeles saat usianya masih 13 tahun. Untuk bertahan hidup, keluarga Toni berbisnis kain, lalu beralih ke parfum dan kosmetik.

Itulah awal mula Tony mulai mempelajari bisnis kecantikan, yakni saat bekerja untuk orangtua setelah sekolah dan di akhir pekan. Berbekal pengalaman dan pengetahuan tersebut, Tony memulai membuat brand kosmetik sendiri.

Tony Ko. (Instagram/@tonikokoko)
Tony Ko. (Instagram/@tonikokoko)

Tony meminjam uang dari orang tua untuk membangun NYX Cosmetics. Saat itu, Tony melihat pasar potensial dalam industri kecantikan, yakni makeup dengan harga terjangkau tapi berkualitas baik.

Siapa sangka NYX bisa berkembang menjadi brand makeup yang sukses besar. Tony pun dapat mengembalikan uang yang ia pinjam dari orangtuanya.

Selain itu semenjak 2014, NYX resmi dibeli oleh L'Oreal dan kini bisa ditemukan di mana-mana. Hal tersebut semakin membuat Tony tidak menyangka, bisnis yang ia bangun sendiri bisa sesukses itu.

Tony Ko. (Instagram/@tonikokoko)
Tony Ko. (Instagram/@tonikokoko)

Menurut Tony, salah satu kunci sukses NYX adalah karena dirinya membangun sendiri brand tersebut dan memahami industri kecantikan dengan detail.

"Aku melakukan R&D (riset dan pengembangan) sendiri. Kalau kosmetik lain yang mengerjakan adalah pria-pria tua. Mereka hanya berbisnis untuk membuat uang. Banyak dari mereka yang tidak tahu beda antara lipstik dan lip liner," kata Tony.

Belakangan ia memilih untuk berbisnis sunglasses yang dinamakan Preserve Sunglasses. Seperti NXY, ia menawarkan produk terjangkau dengan kualitas mahal.

Selain itu, Tony juga masih bergerak dalam dunia kecantikan. Ia menjadi partner untuk mempromosikan brand Kim Chi Beauty.

Terkait

Terkini