Rabu, 01 April 2020

Jangan Pilih Kasih, Begini Cara Merawat Kulit Leher agar Tak Cepat Kendur

Sama seperti kulit wajah, kulit leher juga memerlukan perawatan, lho.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi leher. (Pexels/Kristina Paukshtite)
Ilustrasi leher. (Pexels/Kristina Paukshtite)

Dewiku.com - Walau letaknya tersembunyi dan kadang tertutup oleh hijab ataupun turtleneck, bukan berarti Anda boleh mengabaikan perawatan kulit leher. Sama seperti kulit wajah, kulit leher juga bisa bermasalah jika diabaikan.

Beberapa tanda kulit leher kurang mendapat perhatian adalah muncul noda-noda gelap, kering, hingga kendur yang mengakibatkan bagian itu tampak berlipat-lipat.

Nah, agar kulit leher tak menua lebih cepat, berikut kiat merawat kulit leher berikut ini seperti dilansir dari Harpers Bazaar.

1. Gunakan krim leher

Ilustrasi perawatan leher. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan leher. (Shutterstock)

Krim leher diciptakan khusus untuk merawat kulit leher. Tujuan jangka panjang menggunakan krim leher adalah meningkatkan produksi kolagen. Jadi, disarankan untuk mencari krim leher yang mengandung retinol dan peptida serta asam hialuronat yang membantu produksi kolagen dan melembabkan kulit.

Krim leher memang masih jarang di pasaran, dan kalaupun ada, harganya mungkin lebih mahal dibanding krim wajah. Tapi, sepadan kok untuk perawatan kulit leher.

2. Aplikasikan sunscreen

Perempuan menggunakan sunscreen. (Shutterstock)
Ilustrasi menggunakan sunscreen. (Shutterstock)

Dendy Engelman, dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah kulit di Manhattan Dermatology and Cosmetic Surgery, mengatakan bahwa leher punya dermis yang sangat tipis sehingga membuatnya lebih rentan terhadap penuaan daripada kulit di bagian lain di tubuh.

Selain itu, menurut Engelman, paparan sinar matahari terus-menerus selama seumur hidup selalu menjadi penyebab utama penuaan dini pada leher. Jadi, penting untuk rutin mengaplikasikan sunscreen pada leher bersamaan dengan Anda mengaplikasikan sunscreen pada kulit wajah.

3. Kurangi penggunaan ponsel

Ilustrasi Menunduk Melihat Ponsel. (Shutterstock)
Ilustrasi Menunduk Melihat Ponsel. (Shutterstock)

Apa hubungannya penggunaan ponsel dengan kulit leher? Begini, menurut Engelman, selain paparan sinar matahari, kebiasaan Anda menunduk untuk menatap ponsel juga dapat membuat kulit leher lebih cepat berkeriput dan kendur.

"Selain kulit leher kendur, kami juga melihat noda bintik-bintik karena ponsel memancarkan radiasi yang menyebabkan tekanan oksidatif pada struktur kulit. Ini juga dapat menimbulkan bintik hitam prematur, hiperpigmentasi, dan tanda-tanda penuaan dini lainnya," kata dia.

Tips lain dari Engelman untuk menghindari kulit leher kendur karena penggunaan ponsel, "Cobalah untuk mengangkat ponsel Anda ke atas ke arah wajah alih-alih menggerakkan leher Anda ke bawah untuk melihatnya."

4. Memijat leher

Ilustrasi memijat leher. (Shutterstock)
Ilustrasi memijat leher. (Shutterstock)

Memijat leher tak cuma dilakukan saat pegal atau sedang sakit kepala. Memberi pijatan rutin pada leher dapat membuat leher lebih rileks dan melancarkan peredaran darah di sekitarnya jadi lebih lancar.

Bakal lebih baik lagi jika pemijatan dibarengi dengan pemakaian krim leher atau serum. Perawatan ini akan membuat kulit leher tetap lembap dan lebih lembut.

5. Jangan lupa scrubbing

Ilustrasi scrub wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi scrub wajah. (Shutterstock)

Sama seperti kulit wajah, kulit leher juga perlu di-scrubbing untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang bisa membuat tampilan kulit leher jadi kusam. Anda bisa gunakan scrub yang sama seperti scrub untuk kulit wajah.

Aplikasikan sambil memijat-mijat area leher dan tengkuk secara perlahan dan menyeluruh selama 5 menit. Rasakan kulit leher Anda menjadi lebih bersih dan cerah. (*Vania Rossa)

Terkait

Terkini