Kamis, 09 April 2020

Perawatan Rambut Nyeleneh Tahun 2019, Pakai Saus Tomat sampai Air Kencing!

Katanya, keramas pakai air kencing cukup efektif membasmi ketombe.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Keramas pakai sampanye. (YouTube/Caters Clips)
Keramas pakai sampanye. (YouTube/Caters Clips)

Dewiku.com - Apa saja rangkaian perawatan rambut Anda selama ini? Rajin memakai kondisioner, masker rambut, spa rambut, atau cukup keramas secara teratur?

Sepanjang tahun 2019, beberapa orang muncul dengan ide untuk melakukan keramas di level berbeda. Mereka juga tidak menggunakan sampo seperti biasa tapi menggantinya dengan bahan lain yang sangat tidak terduga.

Berikut kaleidoskop 2019 tentang perawatan rambut nyeleneh di tahun 2019 ini.

1. Keramas mewah pakai sampanye

Awal 2019, Suara.com sempat mengangkat artikel menarik tentang salon asal Rusia yang mencuci rambut pelanggannya dengan sebotol sampanye mahal.

Vilen Knudaverdyan mengaku awalnya cuma ingin membuat lelucon dengan mencuci rambut kawannya sendiri menggunakan sampanye. Namun, sahabatnya itu malah menyukainya.

"Efeknya fantastis, orang-orang merasa seperti mereka menjalani kehidupan mewah. Ini sangat populer dan beberapa pelanggan kami bahkan membawa botol sampanye mereka sendiri ke toko," kata Vilen dalam sebuah wawancara dengan Caters News, seperti dilansir dari Oddity Central.

Ilustrasi sampanye [shutterstock]
Ilustrasi sampanye. (Shutterstock)

2. Keramas pakai air kencing

Masih di bulan Januari, seorang wanita bernama Miriam Lancewood disebut mulai menggunakan air kencing untuk mengusir ketombe sejak dirinya dan sang suami memutuskan hidup di tengah hutan.

"Saya menyiram sedikit air kencing pada kulit kepala dan membiarkannya sampai mengeluarkan aroma. Setelah itu, saya membilasnya dengan sabun," ujar Miriam, melansir Daily Mail.

Cara alami itu dianggap sangat ampuh. Dari delapan tahun yang dia habiskan di tengah hutan, Miriam telah menggunakan cara ini untuk mengatasi ketombe selama empat tahun.

"Cara ini bekerja dengan baik (membersihkan ketombe)," tutur wanita asal dari Selandia Baru ini.

3. Keramas pakai saus tomat

Pada Februari 2019, warganet dibikin heboh dengan tindakan blogger parenting bernama Jess Roberts. Dia berbagi pengalaman membersihkan rambut anaknya dengan saus tomat.

Lewat Instagram, wanita ini memperlihatkan cara dia menuangkan saus tomat di atas kepala putri kecilnya. Perawatan rambut seperti itu diklaim memberikan manfaat besar.

"Ini cara setiap orang berambut pirang menyelesaikan liburan musim panas. Jarang ada orang percaya bahwa saus tomat membuat rambut pirangmu tidak menghijau setelah berenang," ungkap dia.

Ilustrasi saus tomat - (Pixabay/Alexas_Fotos)
Ilustrasi saus tomat - (Pixabay/Alexas_Fotos)

4. Tidak keramas pakai sampo selama dua tahun

Seorang wanita asal Florida Amerika Serikat mengaku sudah membuang segala sampo dan menggantinya dengan produk yang lebih alami.

Iiris Heikkinen sempat mengganti produk samponya dengan cuka apel dan soda kue yang diyakini efektif menyerap kotoran dan minyak. Namun usai melakukan beberapa riset, ia memutuskan mengambil langkah lebih jauh, tepatnya setelah menemukan "no poo method" atau "metode tanpa kotoran" di Facebook.

Metode itu meyakini bahwa rambut bisa membersihkan diri sendiri menggunakan minyak alami. Iiris pun mantap tidak menggunakan apapun kecuali air dan setetes minyak kelapa setiap dua bulan sekali untuk keramas.

"Awalnya ada titik di mana rambut saya tampak berminyak, tetapi segera kembali normal. Sekarang, ketika orang-orang bertemu saya, mereka tidak tahu saya tak menggunakan sampo. Saat saya memberi tahu mereka, mereka selalu terkejut dan mengatakan betapa sehat dan bersihnya rambut saya," ungkapnya, melansir dari Mirror, Juli 2019 lalu.

Terkait

Terkini