Minggu, 08 Desember 2019

3 Tips Memilih Menstrual Cup, Ketahui Dulu Ukuran Vagina Anda

Menstrual cup bisa menjadi alternatif untuk perawatan organ kewanitaan saat haid.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Menstrual cup. (Pixabay/PatriciaMoraleda)
Menstrual cup. (Pixabay/PatriciaMoraleda)

Dewiku.com - Dibandingkan pembalut biasa, menstrual cup dinilai lebih ramah lingkungan karena bisa digunakan berulang kali selama bertahun-tahun. Banyak perempuan mulai beralih ke produk kesehatan ini.

Namun, memilih menstruasl cup juga tak boleh sembarangan. Mengutip Hellosehat, Jennifer Conti, asisten profesor ginekologi di Standford University, menyarankan untuk memperhatikan beberapa faktor krusial. Apa saja?

1. Ukuran dan bentuk vagina

Menstrual cup tersedia dalam ukuran yang berbeda-beda. Jadi demi memastikan telah memilih menstrual cup yang sesuai, Anda perlu mengukur panjang antara vagina dan serviks terlebih dahulu.

Sebenarnya, Anda baiknya konsultasi ke dokter untuk mengetahui seberapa panjang ukuran vagina dan serviks. Namun, ini juga dapat dilakukan secara mandiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Penggunaan menstrual cup (Pixabay/PatriciaMoraleda)
Penggunaan menstrual cup (Pixabay/PatriciaMoraleda)

Jika cuma 1/3 jari yang masuk, Anda mempunyai bentuk vagina yang kecil. Jadi, gunakanlah menstrual cup berukuran paling kecil dengan panjang wadah yang pendek atau bentuk bell-shape.

Jika setengah bagian jari masuk, Anda mempunyai vagina Anda berukuran sedang. Disarankan memilih menstrual cup dengan wadah berukuran kecil dengan bentuk bell-shape. Bentuk V-shape yang berukuran sedang juga bisa menjadi pilihan.

Jika hampir seluruh bagian jari masuk, Anda mempunyai bentuk vagina yang besar. Pakailah menstrual cup dengan bentuk V-shape sehingga lebih mudah saat melepasnya.

2. Aliran darah menstruasi

Memilih ukuran menstrual cup yang sesuai juga bertujuan darah bisa tertampung dengan baik. Tentu saja, sebelumnya Anda juga mesti mengerti dulu seberapa banyak volume dan intensitas darah yang biasanya keluar saat datang bulan.

Kalau aliran darah menstruasi cenderung banyak, memang sebaiknya Anda memilih cawan menstrual cup dengan kapasitas lebih besar.

Menstrual cup. (Pixabay/PatriciaMoraleda)
Menstrual cup. (Pixabay/PatriciaMoraleda)

3. Riwayat melahirkan

Proses melahirkan memengaruhi perubahan bentuk vagina. Dorongan dan tekanan pada dinding panggul (pelvis) dapat mengendurkan otot vagina. Jadi bagi Anda yang pernah melahirkan, sebaiknya pilih menstrual cup dengan wadah berukuran besar.

Namun, ada pengecualian khusus. Jika setelah melahirkan Anda kembali aktif berolahraga, otot pada dinding pelvis dapat kembali mengencang. Jadi, Anda bisa menggunakan menstrual cup berukuran kecil sampai sedang.

Demi memastikannya, jangan ragu untuk melakukan pengukuran vagina kembali. Selain itu, Anda pun dapat memilih menstrual cup yang memang dirancang khusus bagi perempuan yang sudah melahirkan.

Terkait

Terkini