Rabu, 11 Desember 2019

Kebiasaan Makan Ikan Salmon Bisa Atasi Jerawat, Simak Manfaat Lainnya!

Makan ikan salmon juga bisa bikin awet muda serta mencegah penuaan dini.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi daging ikan salmon. (Unsplash/Caroline Attwood)
Ilustrasi daging ikan salmon. (Unsplash/Caroline Attwood)

Dewiku.com - Manfaat yang didapat dari rajin makan ikan sangatlah banyak. Bukan cuma baik untuk kesehatan tubuh secara umum, melainkan juga perawatan kecantikan kulit.

Salah satu jenis ikan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit adalah ikan salmon. Melansir Hellosehat, berikut beberapa manfaat rutin makan ikan salmon:

1. Melembapkan kulit

Mengutip Huffington via Hellosehat, Melda Isaac, dokter kulit di Washington DC, mengungkapkan, lemak asam omega 3 bekerja baik untuk melembapkan kulit.

Pada dasarnya, kulit punya lapisan minyak alami yang melindunginya dari bahaya kerusakan faktor luar, termasuk membantu kulit mempertahankan kelembapan dan tetap terhidrasi.

Asam lemak omega 3 dari ikan salmon juga diyakini dapat membuat kulit tampak kenyal dan bersinar.

Ilustrasi fillet ikan salmon. (Shutterstock)
Ilustrasi fillet ikan salmon. (Shutterstock)

2. Mengatasi peradangan kulit

Masih melansir Huffington, Rachel Nazarian, dokter kulit dari New York, mengungkapkan omega 3 dari salmon bermanfaat membantu menenangkan kulit meradang. Dr. Flor Mayoral dari Miami juga mengatakan bahwa asam lemak omega-3 bersifat antiradang.

Dalam jangka panjang, rajin makan ikan salmon akan membantu menurunkan risiko kekambuhan gejala psoriasis, bahkan menurunkan risiko terjadinya kanker kulit jenis non-melanoma dan melanoma.

3. Mencegah dan mengatasi jerawat 

Menurut sebuah penelitian tahun 2014, rupanya manfaat makan ikan salmon dikatakan mampu mencegah dan mengatasi jerawat di kulit wajah.

Vitamin D dalam daging salmon punya sifat antimikroba yang berfungsi melawan bakteri penyebab munculnya jerawat. Vitamin D juga mempunyai sifat antiradang untuk meredakan gejala jerawat yang terlanjur meradang.

Cuaca panas bisa merusak kulit wajah bila tak dilindungi dengan tabir surya. (Shutterstock)
Cuaca panas bisa merusak kulit wajah bila tak dilindungi dengan tabir surya. (Shutterstock)

4. Mencegah dampak buruk sinar UV

Manfaat lain ikan salmon untuk kulit manusia adalah melindunginya dari efek radiasi sinar UV matahari lewat kandungan vitamin D. Vitamin ini juga baik untuk pertumbuhan dan perbaikan sel kulit serta menjadi pelindung dari berbagai radikal bebas berbahaya. 

5. Bikin awet muda 

Menurut sebuah penelitian dari Jepang terbitan jurnal Acta Biochimica Polonica tahun 2012, kandungan astaxanthin dalam ikan salmon secara alami mampu menjaga kulit tetap awet muda. Astaxanthin sendiri termasuk jenis antioksidan dan antiradang alami yang baik untuk kulit. 

Penelitian ini juga menemukan bahwa astaxanthin bisa membantu merangsang produksi kolagen dalam kulit. Kolagen adalah protein khusus yang membikin kulit tampak lembap dan kenyal. Semakin banyak produksi kolagen dalam kulit, keriput dan garis halus, bintik-bintik flek hitam, serta tekstur kulit yang tidak rata akan memudar.

Terkait

Terkini