Sabtu, 23 November 2019

Masker Wajah Pria Membutuhkan 5 Kandungan Bahan Ini, Apa Saja?

Pria juga membutuhkan perawatan wajah.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Cowok perawatan wajah . (Shutterstock)
Cowok perawatan wajah . (Shutterstock)

Dewiku.com - Perawatan wajah bukan cuma kebutuhan perempuan, melainkan juga pria. Selain rajin membersihkan wajah, ada baiknya juga rutin mengaplikasikan masker wajah demi hasil optimal.

Lalu, apa saja bahan yang sebaiknya terkandung dalam masker wajah pria? Apakah komposisinya sama saja dengan perempuan?

Melansir Hellosehat, inilah beberapa kandungan dalam masker serta fungsinya:

Arang aktif (active charcoal) untuk deep cleansing

Arang aktif atau active charcoal adalah bubuk hitam yang diperoleh dari pemanasan arang dengan suhu tinggi. Bubuk ini punya daya serap yang sangat baik sehingga sering digunakan untuk membersihkan racun, zat kimia, dan kotoran pada pori-pori wajah secara menyeluruh.

Masker arang aktif sangat cocok untuk pria yang bermasalah dengan komedo, jerawat, dan kulit berminyak. Pria berkulit wajah sensitif juga dapat menggunakannya. Namun, batasi sebanyak satu kali seminggu saja karena arang aktif dapat membuat kulit lebih kering.

Pria melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan. (Shutterstock)
Pria melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan. (Shutterstock)

Hyaluronic acid untuk melembapkan kulit

Bagi pria dengan kulit wajah kering dan sensitif, masker yang mengandung hyaluronic acid bisa menjadi solusi. Senyawa ini berfungsi mengunci air dalam jaringan kulit sehingga tetap lembap dan sehat.

Sekarang sudah banyak masker kemasan yang telah dilengkapi hyaluronic acid. Senyawa ini juga terbilang aman karena sangat jarang menimbulkan efek samping, alergi, maupun iritasi.

Asam salisilat dan benzoyl peroxide untuk membasmi jerawat

Asam salisilat dan benzoyl peroxide sama-sama dapat mengatasi jerawat tapi merekak bekerja dengan cara berbeda. 

Benzoyl peroxide membasmi bakteri penyebab jerawat serta membersihkan wajah dari minyak berlebih dan sel kulit mati. Di sisi lain, asam salisilat membikin kulit mati terkelupas dan memicu pembelahan sel kulit baru.

Pori-pori wajah tak gampang tersumbat atau terserang bakteri. Inilah mengapa asam salisilat dan benzoyl peroxide sebaiknya ada dalam masker wajah pria.

Ilustrasi perawatan wajah lelaki. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan wajah lelaki. (Shutterstock)

Butylene glycol untuk menghaluskan kulit

Butylene glycol merupakan sejenis alkohol yang sering digunakan dalam masker wajah, sampo, losion, serum anti-aging, dan sunscreen. Walau tergolong sebagai alkohol, butylene glycol tidak membuat kulit menjadi kering tapi malah melembapkan.

Senyawa ini berfungsi mengikat bahan-bahan dalam suatu produk dan membantu penyerapannya. Ketika diaplikasikan pada kulit, butylene glycol akan mengunci kelembapan kulit dan meratakan tekstur yang tidak rata sehingga kulit menjadi lebih halus

Vitamin C untuk menyehatkan dan mencerahkan kulit

Vitamin C berfungsi merangsang produksi kolagen, menangkal radikal bebas, hingga melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet.

Saat dioleskan pada kulit, sifat asam dari vitamin C bakal memicu pengelupasan lapisan kulit mati. Proses ini turut merangsang pembelahan sel-sel kulit baru. Hasilnya, kulit menjadi lebih segar, sehat, dan tak kusam.

Setiap kandungan dalam masker wajah pria mempunyai keunggulan dan fungsi masing-masing. Coba kenali dahulu kebutuhan kulit Anda agar bisa memilih jenis masker yang paling pas.

Terkait

Terkini