Sabtu, 23 November 2019

Ternyata Bisa Bahayakan Nyawa, 6 Efek Samping Sulam Bibir

Ketahui beberapa fakta berikut sebelum mencoba prosedur kecantikan sulam bibir.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi bibir. (Unsplash/Febri Sym)
Ilustrasi bibir. (Unsplash/Febri Sym)

Dewiku.com - Banyak orang tertarik menjajal sulam bibir untuk mempercantik diri. Namun, tentu saja prosedur kecantikan ini mesti dilakukan ahlinya dan tidak bisa disembarangan tempat.

Melansir Hellosehat, sulam bibir bekerja dengan memasukkan pigmen warna ke bibir dengan jarum tato berukuran kecil. Hasilnya, warna bibir bakal selalu tampak merah merekah setiap saat tanpa perlu lagi dipoles lipstik.

Meski begitu, hasil sulam bibir tidak permanen. Warna yang disuntikkan perlahan akan memudar karena kulit bibir juga terus beregenerasi.

Biasanya, bagian dalam bibir lebih cepat memudar dibandingkan bagian luar. Pasalnya, bagian ini selalu bersentuhan dengan air liur, makanan, serta minuman.

Nah, kalau warnanya mulai memudar, Anda bisa kembali lagi ke tempat praktisi untuk  melakukan retouch.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa prosedur ini juga bisa memberikan berbagai efek samping, antara lain:

Bibir bengkak merupakan salah satu gejala urtikaria idiopatik kronis. (Shutterstock)
Bibir bengkak merupakan efek samping sulam bibir. (Shutterstock)

1. Bengkak

Jarum yang ditusukkan akan membuat luka-luka kecil tak kasat mata pada bibir yang membuatnya membengkak. Ini merupakan reaksi alami terhadap cedera tersebut.

Biasanya, pembengkakan akan mereda setelah beberapa hari. Coba kompres bibir dengan es batu yang dibalut waslap bersih untuk membantu mengempiskan bengkaknya.

2. Infeksi

Infeksi terjadi kalau peralatan yang digunakan tidak steril. Bisa juga muncul setelah prosedur jika Anda tidak menaati aturan yang diberikan oleh dokter atau praktisi sulam bibir. Misalnya, Anda diminta sering berkumur tetapi malas melakukannya.

Tato bibir di bagian dalam biasanya lebih rentan mengalami infeksi karena areanya sangat lembap. Keberadaan bakteri di dalam mulut juga berperan banyak. Jadi, Taati saran praktisi sulam dan lakukan sesuai aturan untuk menghindari infeksi.

3. Muncul jaringan perut

Efeksi samping ini bisa muncul saat bibir yang telah disulam tidak sembuh sebagaimana mestinya. Reaksi alergi dan infeksi setelah prosedur dapat menjadi pemicu jaringan parut pada bibir.

Kebiasaan kecil yang bikin bibirmu jadi lebih gelap. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan bibir. (Shutterstock)

4. Alergi

Jika mempunyai riwayat alergi kulit, risiko mengalami reaksi alergi setelah sulam bibir nyatanya cukup besar. Jadi sebelum menempuh prosedur kecantikan ini, konsultasikan terlebih dahulu pada praktisi sulam bibir Anda.

Jika setelah prosedur bibir Anda terasa reaksi alergi seperti gatal, ruam, dan kemerahan, segera kunjungi dokter.

5. Anafilaksis

Anafilaksis merupakan reaksi alergi parah hingga bisa membahayakan nyawa. Kondisi ini bisa saja terjadi setelah prosedur sulam bibir jika Anda ternyata alergi terhadap tinta warna yang digunakan.

Anafilaksis biasanya ditandai dengan pembengkakan di seluruh wajah dan sesak napas. Lebih baik segera ke rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan pertama.

6. Penyakit yang ditularkan melalui darah

Jarum sulam yang tak steril bisa menjadi perantara penyebaran berbagai penyakit serius, termasuk hepatitis B, hepatitis C, dan HIV yang menular melalui darah.

Jadi, pastikan untuk melakukan sulam bibir di tempat terpercaya dan terstandar serta menemui praktisi yang bersertifikat resmi.

Terkait

Terkini