Selasa, 15 Oktober 2019

Waduh, Hobi Nonton Film Disebut Bikin Lebih Cepat Tua

Banyak kerutan yang akan tercipta, katanya.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
Ilustrasi perempuan menonton drama romantis. (Unsplash/Andrew Neel)
Ilustrasi perempuan menonton drama romantis. (Unsplash/Andrew Neel)

Dewiku.com - Menonton film termasuk salah satu aktivitas yang disukai banyak orang. Namun, belum lama ini dokter mengklaim bahwa kegiatan tersebut dapat memperlihatkan tanda penuaan alias wajah cepat tua.

Dilansir dari Independent, hal itu terungkap melalui sebuah survey yang dilakukan kepada 2.000 orang. Hasil menujukkan bahwa ekspresi atau mimik wajah yang dibuat selama menonton film lah yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Seperti dikatakan Dr Harry Singh dari brand kecantikan FOREO, ketika kita sedang menonton film, kita tak sadar mengernyitkan dahi atau memicingkan mata ketika menyaksikan adegan film yang mengejutkan.

Gerakan yang berulang itu pada akhirnya dapat menimbulkan garis-garis halus di wajah. Tak hanya film bergenre horor dan thriller yang banyak adegan jumpscare, genre komedi pun bisa memunculkan kerutan lebih cepat di wajah.

"Tertawa dapat menyebabkan lipatan nasolabial, yakni lipatan yang membentang dari sudut hidung ke sudut mulut," kata Dr Singh.

Waduh, Hobi Nonton Film Disebut Bikin Lebih Cepat Tua - 1

Dari penelitian, penonton film horor Insidious ditemukan rata-rata membuat ekpresi terkejut sebanyak 20 kali. Sedangkan ketika menonton film komedi Bridget Jones Diary, rata-rata tertawa dan tersenyum sebanyak 115 kali.

Walau korelasinya terdengar berlebihan antara menonton film dengan mempercepat penuaan, Dr Harry Singh yang memimpin penelitian pun ikut terkejut dengan hasil studinya.

Tiga orang perempuan sedang menonton film horor. [shutterstock]
Tiga orang perempuan sedang menonton film horor. [shutterstock]

Sebab jika ekspresi saat menonton film itu berulang-ulang dilakukan, selama 5 tahun ke depan bakal memperparah garis halus sebanyak 50% serta kerutan di ujung mata dan mulut sebanyak 40%.

Meski demikian, bukan berarti kamu harus anti menonton film, ya. Pada dasarnya, penuaan dini memang bisa disebabkan banyak faktor, kok.

Terkait

Terkini