Jum'at, 13 Desember 2019

Mitos atau Fakta? Body Lotion Membuat Bulu Tangan dan Kaki Makin Lebat

Banyak yang cemas penggunaan body lotion bakal mempercepat pertumbuhan bulu tangan dan kaki.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Memakai lotion untuk perawatan kulit. (Unsplash/Anastasiia Ostapovych)
Memakai lotion untuk perawatan kulit. (Unsplash/Anastasiia Ostapovych)

Dewiku.com - Body lotion adalah produk perawatan kulit yang berfungsi memberi kelembapan bagi kulit serta menjaganya biar tidak kering dan kusam. Namun, produk kecantikan ini kabarnya punya efek samping yang suka bikin cemas. Apa itu?

Anda mungkin pernah mendengar soal body lotion dianggap bisa mempercepat pertumbuhan bulu kaki dan tangan. Namun, sebenarnya itu hanyalah mitos.

Body lotion cuma terdiri dari bahan pelembap, minyak, air, parfum, pengental, pengawet, serta pengemulsi. Semua bahan tersebut tidak memengaruhi, apalagi mempercepat tumbuhnya rambut di tangan dan kaki.

Mengutip American Academy of Dermatology, yang dilansir dari Hellosehat, pertumbuhan rambut pada kepala dan seluruh tubuh berawal dari folikel. Itu adalah kantung kecil tempat tumbuhnya rambut sekaligus keluarnya minyak dan keringat. 

Setelah akarnya terbentuk di dalam folikel, rambut akan terus memanjang hingga keluar dari dalam folikel. Rambut pada kepala dapat terus tumbuh dan memanjang, tapi rambut pada tangan dan kaki bakal berhenti tumbuh setelah mencapai panjang tertentu.

Mengenal manfaat body milk, body cream, body lotion [Shutterstock]
Ilustrasi memakai body lotion. (Shutterstock)

Sekali lagi, body lotion tak ada hubungannya dengan pertumbuhan bulu tangan dan kaki. Masih melansir Hellosehat, beberapa faktor yang bisa memicu kondisi tersebut, antara lain:

1. Gen

Kalau punya orangtua atau saudara kandung dengan bulu badan yang lebat, besar kemungkinan Anda juga akan mengalami kondisi serupa.

2. Hormon

Orang-orang dengan hormon androgen tinggi umumnya mempunyai bulu tangan dan kaki yang lebat, suara dalam, jerawat berlebih, serta payudara berukuran kecil.

Ilustrasi (shutterstock)
Ilustrasi perawatan kaki. (Shutterstock)

3. Obat-obatan

Minoxidil, danazol, dan obat-obatan mengandung steroid bisa mengganggu keseimbangan hormon sehingga menjadi pemicu pertumbuhan bulu tangan dan kaki.

Body lotion sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit serta melindunginya dari kerusakan, infeksi, maupun masalah kulit lainnya.

Tak perlu cemas soal mitos apapun. Selama tak ada reaksi alergi maupun iritasi, body lotion merupakan produk dengan manfaat yang amat besar bagi kesehatan kulit.

Terkait

Terkini